Riwayat Harees, Hidangan Khas Ramadhan Timur Tengah dari Kitab Al Tabih

Riwayat Harees, Hidangan Khas Ramadhan Timur Tengah dari Kitab Al Tabih

Independencechamber.org – Salah satu keistimewaan Ramadhan adalah makan khas dari penjuru dunia. Kali ini di Karachi India ada Harees, makanan khas dari Timur Tengah yang melegenda.

Read More

Harees mempunyai cita rasa khusus di Karachi. Di mana resep aslinya diturunkan dari generasi ke generasi oleh keturunan Arab yang berabad-abad lalu bermigrasi ke anak benua India.

Dikutip dari Arab News, Harees adalah salah satu hidangan Timur Tengah tertua. Itu sudah ditampilkan dalam buku masak Arab paling awal yang diketahui, “Kitab Al-Tabih” (“Kitab Hidangan”), yang disusun di Baghdad abad ke-10.

Nama harees berasal dari kata Arab “harasa,” yang berarti menumbuk, atau meremas.

Baca Juga:
Umat Islam Tadarus Alquran di Depan Klenteng

Seperti namanya, dalam pembuatan harees, gandum digiling dengan kambing atau kambing dan kemudian dimasak dengan api kecil hingga lembut.

Hidangan ini diperkenalkan ke warga India oleh para imigran dari Timur Tengah yang pada abad ke-17 tiba di Hyderabad, bekas negara pangeran di wilayah selatan-tengah Deccan di India sekarang.

Keturunan mereka pindah ke Pakistan setelah pemisahan India Britania pada tahun 1947 dan menetap di pelabuhan Karachi di daerah yang sekarang dikenal sebagai Koloni Hyderabad.

Shaikh Saeed bin Mohsin Baqirf Alamudi, yang ayahnya termasuk di antara mereka yang bermigrasi dari Hyderabad ke lingkungan Karachi, menelusuri asal-usul keluarganya ke Yaman.

“Ketika ayah saya masih hidup, budaya Yaman tetap menjadi bagian dari rumah kami,” katanya.

Baca Juga:
Warga Mengantre di BI Jatim Demi Tukar Uang Baru

Alamudi memperkirakan sekarang ada 500 keluarga dengan nenek moyang yang sama di Karachi, tetapi banyak dari anggota mereka bahkan tidak lagi berbicara bahasa Arab.



#Riwayat #Harees #Hidangan #Khas #Ramadhan #Timur #Tengah #dari #Kitab #Tabih

Sumber : www.suara.com

Related posts