Prakiraan Cuaca Kalimantan Timur Sepekan Ke depan, Awas Hujan Es dan Cuaca Ekstrem

Prakiraan Cuaca Kalimantan Timur Sepekan Ke depan, Awas Hujan Es dan Cuaca Ekstrem

Independencechamber.org – Waspada hujan es di Kalimantan Timur. Hal ini diperingatkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui stasiun di Kota Balikpapan.

Read More

BMKG mengimbau masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur waspada terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan lainnya dalam sepekan ke depan.

Dampak yang mungkin ditimbulkan dari cuaca ekstrem ini antara lain banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu ke depan sejak Sabtu (16/4).

Berdasarkan analisa, indeks global seperti Nino 3.4 masih menunjukkan nilai signifikan, sehingga terindikasi adanya potensi pertumbuhan awan hujan signifikan di Indonesia bagian timur.

Baca Juga:
Prakiraan Cuaca BMKG Pelabuhan Merak dan Daerah Pesisir Banten 17 April 2022

“Warga Kaltim juga saya imbau selalu berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem tersebut,” ujar Kepala Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Erika Mardiyanti di Balikpapan, Minggu.

Adanya pola belokan angin dan konvergensi di sekitar wilayah Kaltim, maka hal ini memicu terjadinya pertumbuhan awan konvektif penghasil hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Menurutnya, kondisi cuaca pada periode ini akan didominasi berawan, kemudian potensi hujan berintensitas ringan hingga lebat disertai angin kencang yang disertai kilat atau guntur.

Untuk prakiraan tinggi gelombang, kata Erika, di perairan Samarinda – Bontang, perairan Balikpapan, Kota Baru, Selat Makassar bagian tengah, dan perairan Sulawesi Barat diprakirakan kategori tenang pada ketinggian di kisaran 0,2-0,75 meter.

Sebagai informasi pasang surut laut di Balikpapan, lanjutnya, pasang tertinggi diprakirakan terjadi pada 18-20 April 2022 dengan ketinggian 2,9 meter pada pukul 07.00 wita dan 08.00 wita.

Baca Juga:
Prakiraan Cuaca Indonesia Hari Ini, Mayoritas Hujan Lebat, Ada Sirkulasi Siklonik di Kepulauan Riau

Kemudian di Pulau Nubi (Muara Sungai Mahakam), pasang tertinggi diprakirakan tanggal 18 dan 20 April dengan ketinggian 2,8 meter pada pukul 07.00 wita hingga 08.00 wita.



#Prakiraan #Cuaca #Kalimantan #Timur #Sepekan #depan #Awas #Hujan #dan #Cuaca #Ekstrem

Sumber : www.suara.com

Related posts