Apakah Operasi Caesar Ditanggung BPJS? Ini Prosedur dan Kriterianya

Apakah Operasi Caesar Ditanggung BPJS? Ini Prosedur dan Kriterianya

Independencechamber.org – Bagi calon ibu yang sedang menanti kelahiran buah hati, perasaan khawatir kerap muncul. Tak hanya masalah kehamilan, tanggungan biaya persalinan juga sering membuat tak tenang. Lalu apakah operasi caesar ditanggung BPJS?

Read More

Pada umumnya, BPJS menanggung semua jenis persalinan, baik itu normal atau melalui operasi caesar. Namun dengan syarat, peserta sudah mengikuti semua prosedur dan ketentuan yang berlaku. Lantas, apakah operasi caesar ditanggung BPJS?

Merangkum situs BPJS Kesehatan, biaya operasi caesar tak menjadi tanggungan BPJS jika kondisi medis pasien dinyatakan bisa melahirkan secara normal. Dalam hal ini, tentu saja bukan peserta BPJS atau JKN-KIS yang menentukan, melainkan dokter yang berkompeten di bidangnya.

Untuk informasi yang lebih jelas tentang prosedur itu, simak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga:
Peserta BPJS Kesehatan Bisa Deteksi Dini Penyakit Jantung Gratis, Begini Caranya

1. Kartu BPJS kesehatan yang masih aktif

Peserta BPJS Kesehatan harus memegang kartu kepesertaan yang masih aktif, setidaknya hingga hari perkiraan lahir atau HPL. Jika kartu tidak aktif karena telat bayar, peserta harus membayar tunggakan iuran agar kartu bisa aktif kembali.

2. Membawa surat rujukan

Surat rujukan diberikan oleh dokter faskes tingkat 1. Surat ini biasanya berisi hasil pemeriksaan dengan indikasi medis yang membuat pasien tak bisa melahirkan secara normal.

Bagaimana dengan pasien yang kondisinya darurat? 

Baca Juga:
Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Secara Online Agar Iuran Tak Membengkak

Dalam beberapa kasus, ada pasien yang mengalami situasi gawat seperti pendarahan, kejang kehamilan, ketuban pecah dini, dan kondisi lain yang dapat menyebabkan kecacatan. Jika kondisi ini terjadi, pasian bisa langsung dibawa ke rumah sakit tanpa surat rujukan. 



#Apakah #Operasi #Caesar #Ditanggung #BPJS #Ini #Prosedur #dan #Kriterianya

Sumber : www.suara.com

Related posts