Disambut Syukur Terawan, 5 Fakta Vaksin Nusantara Masuk Jurnal Internasional

Disambut Syukur Terawan, 5 Fakta Vaksin Nusantara Masuk Jurnal Internasional

Independencechamber.org – Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto telah mengumumkan jurnal internasional yang membahas terkait vaksin Nusantara. Jurnal itu telah dipublikasikan secara internasional oleh Taylor and Francis.

Read More

Tulisan yang bertajuk “Dendritic cell vaccine as a potential strategy to end the Covid-19 pandemic. Why should it be Ex Vivo?” tersebut diterbitkan pada 26 Mei 2022 secara daring.

Jurnal yang diterbitkan secara online tersebut merupakan versi digital dari Taylor and Francis, sebuah perusahaan multinasional Britania Raya yang biasa menerbitkan jurnal buku dan jurnal akademik.

Terawan mengungkapkan rasa syukurnya, karena vaksin Nusantara sudah dipublikasikan secara internasional dan semua orang bisa mempelajari vaksin tersebut guna kemajuan kesehatan dunia.

Baca Juga:
Kemenkes Paparkan 3 Syarat Indonesia Bisa Berstatus Endemi COVID-19

Bagaimana cara kerja vaksin Nusantara? Siapa saja kah yang pernah mendapatkan vaksin Nusantara? Berikut adalah fakta-faktanya:

1. Vaksin dikembangkan dengan pendekatan sel dendritik

Terawan menjelaskan jika vaksin Nusantara dikembangkan dengan cara pendekatan sel dendritik.

Cara kerja vaksin Nusantara adalah setiap orang akan diambil sampel darahnya. Selanjutnya, sampel darah itu akan dipaparkan dengan kit vaksin yang dibentuk dari sel dendritik.

Setelah itu sel yang telah mengenal antigen akan diinkubasi selama 3-7 hari. Hasilnya kemudian akan diinjeksikan kembali dalam tubuh.

Baca Juga:
3 Syarat Pandemi COVID-19 Menjadi Endemi Versi Kemenkes

Di sana sel dendritik diharapkan akan memicu sel-sel imun lain untuk membentuk sistem pertahanan memori terhadap SARS CoV-2.

2. Terawan Bersyukur Vaksin Nusantara Masuk Jurnal Internasional

Dengan terbitnya Q1 Internasional, Vaksin Nusantara diharapkan dapat memajukan perkembangan ilmu kesehatan dunia.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Terawan. Ia juga vaksin Nusantara akan menyelesaikan permasalahan Covid-19 di dunia.

Ia juga berterima kasih kepada pemerintah terutama Presiden Jokowi dan beberapa Rumah Sakit yang telah mendukung proses penelitian vaksin.

“Semoga dengan terbitnya jurnal (Vaksin Nusantara) ini, dapat membantu kemajuan dan perkembangan ilmu kesehatan dunia. Serta menuntaskan pertarungan kita melawan Covid 19,” kata Terawan.

3. Adanya polemik mengenai Vaksin Nusantara

Pengembangan Vaksin Nusantara untuk mencegah penularan Covid-19 sempat menimbulkan polemik yang cukup panjang beberapa waktu yang lalu.

Sebelumnya pernah dibuat MOU antara Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) pada 19 April yang lalu.

Isi MOU telah disepakati bahwa proses pengambilan sampel darah relawan di RSPAD, Gatot Subroto, Jakarta guna untuk kepentingan penelitian dan pelayanan.

4. Tukul Arwana lakukan sampel darah untuk Vaksin Nusantara

Komedian Tukul Arwana turut melakukan sampel darah di RSPAD Gatot Soebroto pada 11 Mei 2022 yang lalu. Pengambilan sampel darah Tukul ditangani langsung mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto.

Setelah diambil sampel darah, maka Tukul bari bisa disuntikkan Vaksin Nusantara satu pekan setelahnya.

“Pengambilan darah Tukul Arwana dilakukan pada kemarin oleh dr Terawan, selanjutnya diproses oleh tim. Minggu depan baru akan disuntikkan vaksin Nusantara,” kata Peneliti Utama Vaksin Nusantara, Kolonel Jonny pada Rabu (11/05/2022) lalu.

5. Sejumlah pejabat dan artis telah menerima Vaksin Nusantara

Sejumlah pejabat dan anggota parlemen telah mendaftarkan diri mereka sebagai pasien Terawan terkait pemberian vaskin Nusantara.

Mereka diantaranya Aburizal Bakrie, Luhut Binsar Pandjaitan, Prabowo Subianto, Siti Fadilah Supari, dan Gatot Nurmantyo.

Setelah Tukul, sejumlah artis yang ikut mendaftarkan diri agar menerima Vaksin Nusantara. Di antaranya pasangan artis Anang-Ashanty, Arzetty Bilbina, serta sejumlah anggota DPR RI, seperti Anas Thahir, Adian Napitupulu, Sri Meliyana dan lainnya.

Kontributor : Damayanti Kahyangan



#Disambut #Syukur #Terawan #Fakta #Vaksin #Nusantara #Masuk #Jurnal #Internasional

Sumber : www.suara.com

Related posts