Perubahan Rute KRL saat Jam Pulang Kantor Masih Padat, Penumpang Desak-desakan Antre di Stasiun Manggarai

Perubahan Rute KRL saat Jam Pulang Kantor Masih Padat, Penumpang Desak-desakan Antre di Stasiun Manggarai

Independencechamber.org – Jumlah penumpang kereta listrik (KRL) di Stasiun Manggarai masih membeludak pada Senin (30/5/2022) sore. Kedapatan penumpang tersebut buntut perubahan rute yang dibuat oleh PT. KAI Commuter.

Pantauan Independencechamber.org di lokasi pukul 17.00 WIB, penumpukan penumpang terjadi di peron 12 dan 13. Peron tersebut menjadi tempat tunggu penumpang bagi tujuan Stasiun Depok, Nambo, dan Bogor.

Read More

Terlihat pula para penumpang berbondong-bondong menaiki tangga menuju peron — karena berada di atas. Hal serupa juga tampak pada eskalator yang dipadati penumpang.

Kebanyakan penumpang di peron 12 dan 13 adalah pekerja yang hendak pulang menuju Depok dan Bogor. Saat kereta tiba, penumpang mengantre berdesakan di sisi peron.

Baca Juga:
Pengguna Ngeluh Rute Baru Bikin Jadwal KRL Melambat, Ini Jawaban PT KAI Commuter

Setelah kereta berangkat, kepadatan peron perlahan mereda. Namun, setelah itu peron kembali padat manakala kereta tujuan Stasiun Depok, Nambo, dan Bogor tiba.

Penumpang membeludak di hari kerja perubahan rute KRL di Stasiun Manggarai. (Independencechamber.org/Arga)

Perubahan Rute KRL

Per 28 Mei 2022, rute KRL Commuter Line hanya melayani rute langsung menuju Jakarta Kota. Penumpang dari arah Bogor yang ingin menuju Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, ataupun Stasiun Kampung Bandan maka harus transit dan berganti kereta di Stasiun Manggarai.

Sebelumnya terdapat dua jurusan langsung yang disediakan yaitu Bogor-Jakarta Kota dan Bogor-Jatinegara yang salah satunya melintasi Stasiun Sudirman dan Stasiun Tanah Abang.

Penumpang Bogor yang akan menuju Tanah Abang dapat transit di Stasiun Manggarai dengan melewati dua stasiun yakni Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet.

Baca Juga:
Curhatan Penumpang Keluhkan Perubahan Rute KRL di Stasiun Manggarai: Salah Peron hingga Nyasar Naik Kereta

Penampakan penumpang di hari pertama perubahan rute KRL di Stasiun Manggarai. (Independencechamber.org)
Penampakan penumpang di hari pertama perubahan rute KRL di Stasiun Manggarai. (Independencechamber.org)

“Nantinya pengguna KRL tidak harus menyeberang jalur rel lagi dan bisa mengurangi aktivitas di passengers crossing yang berpotensi membahayakan nyawa penumpang saat menyeberang jalur rel,” ujar Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba beberapa hari lalu.



#Perubahan #Rute #KRL #saat #Jam #Pulang #Kantor #Masih #Padat #Penumpang #Desakdesakan #Antre #Stasiun #Manggarai

Sumber : www.suara.com

Related posts