Penunjukkan Perwira TNI/Polisi sebagai Penjabat Kepala Darah Harus Dikoreksi

Penunjukkan Perwira TNI/Polisi sebagai Penjabat Kepala Darah Harus Dikoreksi

Independencechamber.org – Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus minta penunjukan TNI/Polri aktif sebagai penjabat kepala daerah harus segera dikoreksi.

Read More

“Saya kira ini babak-babak awal. Kalau ini tidak segera dicegah, apa yang sedang terjadi dengan memberikan semacam peluang kepada TNI/Polri aktif untuk menduduki jabatan sipil,” kata Lucius dalam keterangan di Jakarta Sabtu (28/5/2022).

Hal itu dia ungkapkan untuk menanggapi penunjukan Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin sebagai Penjabat Bupati Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.

“Saya kira ini babak yang di 1998 lalu juga ditakutkan oleh publik ketika kemudian TNI/Polri menduduki jabatan sipil,” kata dia.

Lucius menegaskan pemerintah dan DPR harus segera memastikan jabatan sipil tidak disandang oleh anggota TNI/Polri aktif. Ia juga mengungkap potensi yang bisa muncul jika anggota TNI/Polri aktif semakin bebas menduduki jabatan sipil.

“Saya kira penting untuk sejak awal mendesak, mendorong pemerintah dan DPR untuk memastikan tegaknya aturan terkait dengan jabatan sipil yang tidak boleh disandang TNI/Polri,” kata dia.

Lucius mengatakan penunjukan itu tidak sesuai dengan semangat dan amanat reformasi. Selain itu, katanya juga melanggar aturan.

Lucius khawatir penunjukan itu hanya menjadi awal dari penunjukan penjabat kepala daerah yang tidak sesuai aturan. Menurutnya menjelang kontestasi 2024 aroma politik semakin hangat. [Antara]

Baca Juga:
Lantik Lima Penjabat Kepala Daerah dan Satu Wakil Bupati di Papua, Mendagri Tito Sebut Pemilihan Sudah Sesuai Aturan



#Penunjukkan #Perwira #TNIPolisi #sebagai #Penjabat #Kepala #Darah #Harus #Dikoreksi

Sumber : www.suara.com

Related posts