Epidemiolog Minta Nama Vaksin Nusantara Diganti, Begini Alasannya

Epidemiolog Minta Nama Vaksin Nusantara Diganti, Begini Alasannya

Independencechamber.org – Nama Vaksin Nusantara diminta diganti penamaannya. Sebab vaksin yang berbasis sel dendritik merupakan inovasi yang banyak dikembangkan peneliti di dunia. Sehingga hal tersebut menunjukan Indonesia bukan yang kali pertama dalam penelitian berbasis sel dendritik.

Read More

Pernyataan tersebut disampaikan Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman.

“Kalimat bahwa Vaksin Nusantara sudah dipublikasi jurnal internasional harus diluruskan, bahwa ini adalah review dari vaksin sel dendritik, jangan pakai nama Vaksin Nusantara,” katanya seperti dikutip Antara, Jumat (27/5/2022).

Penamaan Vaksin Nusantara, jelas Dicky, telah memicu tanggapan beragam masyarakat. Sebab sudah banyak jurnal internasional yang memberikan ulasan terkait sel dendritik. Dicky memastikan, Indonesia bukan pionir dalam melakukan penelitian terhadap sel dendritik di dunia.

Baca Juga:
Vaksin Nusantara Dipublikasikan di Jurnal Internasional, Terawan: Kabar Gembira bagi Dunia Kesehatan

“Vaksin berbasis sel dendritik ini kan review-nya sudah banyak. Kita bukan pionir dalam hal ini. Sel dendritik bukan inovasi Indonesia, ini sudah advance untuk melihat bagaimana potensi dari vaksin ini untuk Covid-19,” katanya.

Tidak heran, katanya, bila dalam jurnal internasional tersebut tidak menyebut nama Vaksin Nusantara.

“Ini adalah vaksin sel dendritik. Kan enggak ada disinggung Vaksin Nusantara,” katanya.

Dicky juga mengemukakan, penamaan Vaksin Nusantara pada vaksin sel dendritik memungkinkan untuk dilakukan saat resmi menjadi merek dagang.

“Kalau sudah ada nama dagangnya, ya, boleh. Harus fair, ini bukan lah inovasi Indonesia, tapi inovasi dunia. Kita harus hargai orisinalitas dunia ilmiah,” katanya.

Baca Juga:
Dokter Terawan Ungkap Vaksin Nusantara Telah Dipublikasi di Jurnal Internasional: Demi Kemajuan Ilmu Kesehatan Dunia

Lebih lanjut, berdasarkan hasil penelaahan Dicky terhadap jurnal internasional yang memuat tinjauan ilmiah vaksin dendritik mantan Menteri Kesehatan RI Terawan, belum dimuat data serta bukti efikasi maupun efektivitas Vaksin Nusantara terhadap Covid-19.



#Epidemiolog #Minta #Nama #Vaksin #Nusantara #Diganti #Begini #Alasannya

Sumber : www.suara.com

Related posts