Antisipasi Jemaah Haji Indonesia Tersesat di Mekkah, Bus Shalawat Dilengkapi Stiker

Antisipasi Jemaah Haji Indonesia Tersesat di Mekkah, Bus Shalawat Dilengkapi Stiker

Independencechamber.org – Bus shalawat yang disediakan untuk sarana transportasi jamaah haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi dilengkapi dengan stiker dan kartu penanda bus agar jamaah tidak tersesat dan tidak salah naik kendaraan.

Read More

“Bus shalawat akan dilengkapi stiker dengan warna, angka dan tulisan,” kata Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama Subhan Cholid melalui daring di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Bus shalawat akan melayani jamaah non stop selama 24 jam dari hotel ke Masjidil Haram. Bus-bus tersebut akan dilengkapi stiker sebagai penanda rute dan sektor layanan.

Terdapat lima sektor yang ditempati jamaah Indonesia yaitu Mahbas Jin, Syisyah, Raudah, Jarwal dan Misfalah. Para jamaah dari 13 embarkasi akan ditempatkan di masing-masing sektor tersebut.

Baca Juga:
Sebanyak 314 Warga Ponorogo Gagal Berangkat Ibadah Haji

Stiker akan ditempel di setiap bus, sementara kartu diberikan masing-masing kepada jamaah. Stiker atau kartu berwarna putih untuk rute Mahbas Jin-Bab Ali ditandai dengan angka 1, warna biru rute Syisyah-Syieb Amir dengan angka 2, warna hijau rute Raudah-Syieb Amir ditandai angka 3, hitam untuk rute Jarwal-Syieb Amir angka 4 dan warna coklat untuk rute Misfalah-Jiad angka 5.

“Bagi yang tidak bisa membaca, bisa ditandai angkanya atau warna. Kami sudah betul-betul mengkaji ini,” ujarnya.

Bus shalawat akan beroperasi selama 24 jam dalam 22 hari mulai 13 Juni hingga 4 Juli 2022 dan akan berhenti beroperasi pada masa puncak haji yaitu saat Armuzna/masyair pada 5-12 Juli 2022 karena bus akan digunakan untuk angkutan jamaah ke Arafah, Muzdalifah dan Mina.

Setelah delapan hari tersebut, bus shalawat kembali memberikan pelayanan 24 jam sejak 13 Juli-4 Agustus 2022.

Untuk diketahui, akomodasi di sektor Mahbas Jin disiapkan untuk jamaah dari Embarkasi Surabaya/SUB asal Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur dan Embarkasi Lombok/LOP asal Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga:
Suhu Udara di Arab Saudi Tinggi saat Musim Haji, Jamaah Diminta Bersiap

Di sektor Syisyah disiapkan untuk jamaah dari Embarkasi Batam/BTH yang berasal Riau, Kepulauan Riau,Kalimantan Barat dan Jambi) serta jamaah dari embarkasi Ujung Pandang (UPG) jamaah asal Sulsel, Sulbar, Sultra, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.



#Antisipasi #Jemaah #Haji #Indonesia #Tersesat #Mekkah #Bus #Shalawat #Dilengkapi #Stiker

Sumber : www.suara.com

Related posts