Masyarakat Harus Tanggung Jawab Kesehatan Masing-Masing

Panja Vaksinasi Diminta Desak Menkes Terkait Ketersediaan Vaksin Booster Halal untuk Syarat Mudik

Independencechamber.org – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, keputusan membebaskan masyarakat lepas masker di ruangan terbuka merupakan salah satu program pemerintah, yakni transiri dari pandemi ke endemi. Namun, ia mengingatkan akan hal penting dari suksesnya proses transisi itu ialah tanggung jawab masyarakat akan kesehatan diri masing-masing.

Read More

“Salah satu hal yang paling penting untuk bisa melakukan transisi dari pandemi ke endemi, selain data-data scientificnya adalah pemahaman masyarakat bahwa tanggung jawab kesehatan itu ada di diri masing-masing,” kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Budi menekankan bahwa sekuat apapun negara mencoba mengatur masyarakatnya untuk berperilaku sehat, hal yang paling baik ialah kesadaran untuk berperilaku hidup sehat di masing-masing individu. Ia juga menekankan kalau dari seluruh pandemi yang ada dalam sejarah kehidupan manusia, transisi itu terjadi ketika masyarakat sudah menyadari bagaimana caranya melakukan protokol hidup yang sehat.

“Dan itu memerlukan edukasi dan memerlukan tindakan yang bertahap,” ujarnya.

Baca Juga:
Warga Diperbolehkan Lepas Masker di Luar Ruangan, Menkes: Proses Transisi Pandemi ke Endemi

Boleh Lepas Masker di Luar Ruangan

Presiden Joko Widodo mengumumkan bagi masyarakat yang berada di ruang terbuka dan tidak padat orang, maka diperkenankan untuk tidak menggunakan masker. Hal tersebut dikarenakan penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air yang semakin terkendali.

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Sehinggga masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” kata Jokowi dalam video pernyataan pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

Meski begitu, penggunaan masker masih harus tetap dilakukan oleh masyarakat apabila berada di ruangan tertutup atau di dalam transportasi publik.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyarankan bagi masyarakat yang masuk ke dalam kategori rentan, lanjut usia atau memiliki penyakit komorbid untuk tetap mengenakan masker saat beraktivitas.

Baca Juga:
Presiden Jokowi: Masyarakat Boleh Lepas Masker di Ruangan Terbuka

“Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” ujarnya.



#Masyarakat #Harus #Tanggung #Jawab #Kesehatan #MasingMasing

Sumber : www.suara.com

Related posts