Etikanya Harus Keluar dari Kekuasaan

Etikanya Harus Keluar dari Kekuasaan

Independencechamber.org – Pengamat Politik dari Universitas Indonesia Rocky Gerung ikut mengomentari pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu yang dimotori PAN, Partai Golkar dan PPP.

Read More

Rocky menilai membentuk koalisi harus ada prinsip untuk memperbaiki Indonesia. Hal itu disampaikannya saat menghadiri seminar yang digelar pada Rakernas Partai Pelita di Mercure Hotel, Ancol, Jakarta Utara, Senin (16/5/2022).

“Ada pertemuan tiga orang ketua partai, lalu tiba-tiba bikin koalisi, ya koalisi apa? Koalisi itu bukan sekadar untuk membenci seseorang, hal yang boleh juga. Tapi lebih dari itu, harus ada prinsip yang diucapkan berkoalisi atas dasar kesepakatan untuk memperbaiki Indonesia,” ujar Rocky.

Kata Rocky, jika memiliki satu visi untuk memperbaiki Indonesia, sedianya tiga parpol tersebut yang saat ini berada dalam kabinet Jokowi, harus keluar dari koalisi pemerintahan.

Baca Juga:
Soroti Jokowi Bertemu Elon Musk, Rocky Gerung: Seolah-Olah Bahagia Betul

Menurut Rocky, hal tersebut merupakan sebuah etika jika ingin membentuk koalisi baru.

“Kalau itu dasarnya (memperbaiki Indonesia), (tiga parpol PAN, PPP, dan Golkar) keluar dari kekuasaan, kan etikanya begitu kan. Jadi seharusnya kita mulai mencicil kemampuan kita membaca masa depan,” kata dia.

Sebelumnya, Partai Golkar, PAN dan PPP menyatakan sikap berkoalisi untuk mengawal agenda politik ke depan termasuk untuk menghadapi Pemilu 2024.

Hal itu terjadi usai ketiga ketua umum parpol tersebut melakukan pertemuan malam ini, di Rumah Heritage Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Dalam konferensi pers usai pertemuan digelar tertutup, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, menjelaskan pertemuan memang dilakukan sekalian untuk bersilaturami Idulfitri. Namun dalam pertemuan ini memang untuk mendorong ketiga parpol tersebut bekerja sama.

Baca Juga:
Golkar-PAN-PPP Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu, Begini Reaksi Ketum Demokrat AHY

“Pertemuan ini agar mendorong bahwa 3 partai ini akan bekerja bersama atau akan bersatu. Bersatu itu sendiri adalah beringin, matahari, dan Baitullah, jadi Ka’bah. Jadi pertemuan ini tentu diharapkan dengan matahari ini PAN bisa berjalan, dan pohon beringin semakin tunbuh. Dan juga pertemuan kerja sama ini adalah yang diridhoi oleh Allah SWT,” kata Airlangga di lokasi.



#Etikanya #Harus #Keluar #dari #Kekuasaan

Sumber : www.suara.com

Related posts