Sejumlah 2,69 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik dan Arus Balik

Sejumlah 2,69 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik dan Arus Balik

Independencechamber.org – PT Hutama Karya (Persero) mencatat 2.690.458 kendaraan telah melintas di seluruh ruas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), baik yang telah beroperasi secara penuh maupun secara fungsional selama mudik Lebaran 1443 H (25 April 2022 – 9 Mei 2022).

Angka tersebut merupakan akumulasi dari tujuh ruas yang telah dioperasikan yakni, Bakauheni–Terbanggi Besar (Bakter), Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung (Terpeka), Palembang–Indralaya (Palindra), Pekanbaru – Dumai (Permai), Medan–Binjai, Ruas Binjai–Langsa Seksi 1 (Binjai– Stabat), Sigli–Banda Aceh (Seksi 2, 3 & 4) serta ruas fungsional yakni Bengkulu–Taba Penanjung dan Pekanbaru–Bangkinang.

Read More

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan (OPT) Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji mengatakan meskipun masih banyak pemudik di Pulau Sumatera yang belum kembali ke daerah asal, namun lonjakan lalu lintas arus balik telah terjadi pada hari Minggu (7/5) lalu.

“Total sebanyak 227.889 kendaraan melintas di seluruh JTTS pada Minggu (7/5) dengan jumlah kendaraan yang meninggalkan Sumatera menuju Jawa sebanyak 73.182 kendaraan melalui Exit Gate Bakauheni Selatan dan Bakauheni Utara,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga:
Puncak Arus Balik di Terminal Pulo Gebang Diprediksi Terjadi Pada 12 Mei

Lebih lanjut Dwi menyampaikan hasil evaluasi dari periode Mudik Lebaran tahun ini, di mana meskipun terdapat lonjakan trafik di JTTS, namun tidak terjadi kemacetan yang berarti.

Hal ini berkat strategi dan persiapan matang yang diterapkan di lapangan, antara lain penerapan sistem holding di rest area dengan mengarahkan kendaraan masuk ke rest area untuk mengurangi penumpukan di gerbang tol hingga jalur alternatif.

“Sejak H-2 bulan sebelum mudik, kami telah mempersiapkan berbagai pelayanan dan simulasi jalur alternatif agar tidak terjadi kemacetan yang dapat mengganggu kenyamanan pemudik,” katanya.

Selain itu, Hutama Karya juga menyediakan booth-booth pembelian tiket ferry di rest area bekerja sama dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero), penambahan mobile reader & top-up asongan, peringatan melalui VMS & speaker di Gerbang Tol & rest area.

Selain itu, memperbanyak fasilitas toilet & SPBU, bekerja sama dengan pihak kepolisian daerah setempat melaksanakan vaksinasi gratis di rest area, menyiapkan jalur alternatif apabila terjadinya antrean hingga menyediakan informasi mudik secara lengkap dengan pembagian flyer dan buku panduan digital serta melalui website perusahaan dan aplikasi HK Toll Apps.

Baca Juga:
Hari Ini Puncak Arus Balik, Penumpang di Terminal Jati Kudus Capai 3.866 Orang

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Sejumlah #Juta #Kendaraan #Lintasi #Jalan #Tol #Trans #Sumatera #Selama #Mudik #dan #Arus #Balik

Sumber : www.suara.com

Related posts