Waisak 2566 BE Artinya Apa? Begini Kalender Buddha di Hari Raya Waisak

Waisak 2566 BE Artinya Apa? Begini Kalender Buddha di Hari Raya Waisak

Independencechamber.org – Umat Buddha akan bersuka cita menyambut Hari Raya Waisak 2566 BE yang jatuh pada Senin, 16 Mei 2022. Mungkin anda bertanya, Waisak 2566 BE artinya apa?

Banyak orang yang belum tahu arti singkatan BE di Hari Raya Waisak. Maka dari itu, simak penjelasan Waisak 2566 BE artinya apa berikut ini.

Read More

Sebagaimana diketahui umum, bahwa Waisak adalah hari raya umat Buddha. Nah, arti 2566 BE ini juga berhubungan dengan hal tersebut.

Kalender Buddha (Buddhist Era)

Baca Juga:
10 Ucapan Hari Waisak 2022 untuk Dibagikan kepada Sanak Saudara, Keluarga dan Teman

Hari Raya Waisak 2022 merupakan hari peringatan umat Buddha terhadap tiga peristiwa suci (tri suci) yang terjadi pada Buddha Gautama (Guru Agung Buddha Gotama), yakni kelahiran, pencerahan sempurna, dan kemangkatan (wafat).

Jika diperhatikan, setiap tahunnya Hari Raya Waisak selalu diperingati dengan tanggal-tanggal berbeda. Hal ini lantaran penghitungan hari raya berdasarkan pada penanggalan Buddha atau bisa dikenal dengan singkatan BE (Buddhist Era) untuk tahun ini pada 2566 BE.

Melansir dari berbagai sumber, arti 2566 BE di Hari Raya Waisak bagi umat Buddha ialah sebuah penanggalan. Hal ini lantaran penanggalan Buddha berbeda dengan kalender Masehi.

Pasalnya, penanggalan Buddha dimulai sejak parinibbana atau wafatnya Buddha Gautama pada usia 80 tahun. Sang Buddha lahir pada 634 Sebelum Masehi (SM) dan wafat pada 544 SM.

Oleh karenanya, jika tahun 1 BE dimulai pada tahun 544 SM, maka tahun 2022 bertepatan dengan tahun 2566 BE. Namun, tanggal perayaan Waisak tak tetap setiap tahunnya karena didasarkan pada penghitungan bulan purna penuh pada kalender lunar kuno Vesakha.

Baca Juga:
Tren Kecantikan Suntik Filler di Daun Telinga, Dianggap Bisa Membawa Keberuntungan

Bulan Vaisakha juga dikenal dengan Vesakha bertepatan pada bulan Mei penanggalan Masehi. Waisak biasanya dirayakan pada Mei atau awal Juni.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Waisak #Artinya #Apa #Begini #Kalender #Buddha #Hari #Raya #Waisak

Sumber : www.suara.com

Related posts