Ketua MUI Cholil Nafis Akan Jadi Khatib Salat Id di JIS, Ini Tema Khotbahnya

Ketua MUI Cholil Nafis Akan Jadi Khatib Salat Id di JIS, Ini Tema Khotbahnya

Independencechamber.org – Pemprov DKI Jakarta berencana menggelar salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS). Nantinya, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Muhammad Cholil Nafis akan bertindak sebagai khotib.

Read More

Hal ini dikatakan Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Aceng Zaini.

Ia menyebut daftar petugas salat Idul Fitri di JIS dari Imam, khotib, sampai bilal sudah lengkap.

Merujuk Nota Dinas kepada Gubernur nomor e-0063/KA.02.03 tanggal 14 April 2022, khotib adalah KH Muhammad Cholil Nafis (Ketua MUI Pusat),” demikian bunyi daftar petugas Salat Id di JIS yang disampaikan Aceng, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga:
Minta Jemaah Salat Id di JIS Datang Sebelum Jam 06.00 WIB, Disediakan Bus untuk Antar-Jemput

Aceng mengatakan salat id kali ini mengusung tema “Spirit Fitrah untuk Membangun Kesalehan”. Cholil nantinya akan menyampaikan ceramah sesuai tema tersebut.

Selanjutnya, imam dalam salat Id di JIS adalah Ustaz Heri Kuswanto. Heri merupakan juara nasional tilawah dewasa putra MTQ Nasional tahun 2018. Petugas lainnya, yang bertindak sebagai bilal atau muazin adalah Ustaz Abdullah Hanafi, sebagai MC Ustaz Muklis, dan petugas takbir Ustaz Sofyan.

“Sebagai antisipasi, petugas akan diinapkan di hotel D’Arcici Sunter atau hotel terdekat lainnya,” pungkasnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS). Pihaknya sudah mempersiapkan tempat untuk ribuan orang.

Hal ini ia sampaikan lewat video yg diunggah di akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan. Anies mengatakan stadion kandang Persija Jakarta itu siap untuk melaksanakan ibadah salat Id.

Baca Juga:
Warga Pakai Baju Anies Presiden Saat Ikut Mudik Gratis, Wagub Riza Patria: Itu Kebetulan, Jangan Diributkan

“Jakarta International Stadium siap menyambut jemaah salat Idulfitri pada 1 Syawal nanti,” ujar Anies, dikutip Kamis (28/4/2022).

Anies juga menyebut JIS sebagai mahakarya kota Jakarta. Ia ingin salat Id menjadi momen untuk mengagungkan takbir di stadion terbesar di Asia Tenggara itu.

“Di mahakarya kota ini, mari kita agungkan takbir dan bersujud memohon rida llahi,” tuturnya.

“Semoga ini menambah semarak dan semangat dalam merayakan kemenangan dan mensyukuri keberkahan dari Allah. Sampai jumpa di Jakarta International Stadium,” pungkasnya.

Tambah Kouta

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menambah kuota untuk salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS). Pasalnya, antusias masyarakat untuk salat di stadion kandang Persija Jakarta ini membludak.

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Aceng Zaini mengatakan, pihaknya menambah kuota salat Id di JIS jadi sekitar 20 ribu jamaah. Padahal, awalnya tempat yang disiapkan bisa menampung 6.430 orang.

“Jamaah laki-lakinya kalau nggak salah 12 ribu, perempuannya maksimal 10 ribu lah,” ujar Aceng saat dikonfirmasi, Jumat (28/4/2022).

Meski demikian, kuota utama yang disiapkan adalah 8 ribu jamaah. Pihaknya menambah wilayah concourse stadion bagian tengah.

Namun, jika memang nantinya melebihi 8 ribu, ia sudah menyiapkan bagian concourse sisi selatan dan utara. Dengan demikian, kuota yang disiapkan sebagai antisipasi berjumlah 20 ribu jaamaah.

“Tadinya tuh 8 ribu sudah paling max, tapi ternyata antusias masyarakat melebihi itu. Akhirnya ditambah lagi concourse sisi selatannya, antisipasinya aja itu. Itu berdasarkan teknis dari Jakpro,” tuturnya.

Aceng mengatakan, antusias masyarakat untuk salat Id yang juga dihadiri Gubernur Anies Baswedan ini membludak karena informasi yang sudah menyebar. Warga yang mengetahuinya jadi berminat ikut salat di JIS.

“Tadinya kan prediksinya hanya 6.430 yang awal, prediksi lagi kan itu udah nyebar kemana, orang pada pengen salat di JIS, antisipasinya kan 8 ribu kan,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Ketua #MUI #Cholil #Nafis #Akan #Jadi #Khatib #Salat #JIS #Ini #Tema #Khotbahnya

Sumber : www.suara.com

Related posts