Peluang Partai Mahasiswa Masuk Parlemen, Pengamat: Berat!

Kemunculan Partai Mahasiswa Indonesia, Diminta Ikut Bersaing di Pemilu 2024

Independencechamber.org – Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin menilai peluang Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) untuk masuk ke parlemen di Senayan sangat berat. Bahkan untuk lolos menjadi peserta pada pemilihan umum (pemilu) 2024 sangat kecil.

Read More

“Berat. Peluangnya sangat berat. Belum tentu bisa lolos menjadi peserta Pemilu 2024, apalagi lolos ke Senayan. Pembuktian PMI tersebut mesti lolos jadi peserta Pemilu dulu,” ujarnya saat dihubungi Independencechamber.org, Senin (25/4/2022).

Hal itu dikatakan berkaca pada pemilu 2019, dari puluhan partai hanya ada 14 partai yang dapat berkompetisi. Bahkan partai yang sudah terbilang besar dan memiliki nama seperti Hanura gagal menuju Senayan.

“Jadi saya tak bicara di Parlemen dulu. Partai-partai baru di 2019 yang lalu saja, yang lolos jadi peserta Pemilu, semuanya tak ada yang tembus Parlemen. Bahkan Hanura yang sudah ada di Parlemen pun di 2019 yang lalu out (keluar),” ujarnya.

Baca Juga:
4 Kontroversi Eko Pratama Ketum Partai Mahasiswa Indonesia: Temui Wiranto Bikin Publik Curiga

Kendati demikian, jika ingin bertekad masuk ke parlemen, PMI setidaknya harus memiliki program yang berbeda dengan partai lainnya, sehingga bisa menjadi daya tarik untuk mendulang suara.

“Kalau programnya sama dengan partai lain, ya tak akan punya nilai jual di mata publik,” imbuhnya.

Kemunculan Partai Mahasiswa

Nama Partai Mahasiswa Indonesia pertama kali diungkap oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad saat menerima audiensi dari perwakilan massa demonstrasi mahasiswa dan buruh, pada 21 April 2022.

Partai Mahasiswa Indonesia merupakan salah satu dari 75 partai politik yang resmi terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Partai tersebut tercantum di daftar nomor 69 dalam surat Penyampaian Data Partai Politik yang Telah Berbadan Hukum berkop Kemenkumham, Nomor M.HH-AH.11.04-19, tertanggal 17 Februari 2022.

Baca Juga:
Bikin Partai Mahasiswa Indonesia, Pengamat: Berbahaya Jika Mahasiswa Sudah Masuk Politik Praktis

Berdasar data, Ketua Umum Partai Mahasiswa Indonesia tertera atas nama Eko Pratama. Sekertaris Jenderal, Mohammad Al Hafiz. Bendahara Umum, Muhammad Akmal Mauludin. Ketua Mahkamah, Tegus Stiawan. Anggota Mahkamah: Davistha A, Rican.

Kantor partai baru ini tercantum di Jalan Duren Tiga Raya Nomor 19D Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan dengan kode pos 12760.

Saat menerima audiensi perwakilan massa demonstrasi mahasiswa dan buruh, Dasco sempat menyampaikan selamat atas terbentuknya partai tersebut. Dia bahkan meminta Partai Mahasiswa Indonesia ikut bersaing di Pemilu 2024 .

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Peluang #Partai #Mahasiswa #Masuk #Parlemen #Pengamat #Berat

Sumber : www.suara.com

Related posts