Jelang Mudik, BIN Gencarkan Vaksinasi Hingga Malam Hari

Pemerintah Harus Targetkan Vaksinasi 100 Persen, Semua Penduduk Mesti Miliki Imunitas

Independencechamber.org – Dua Lebaran tak mudik akan menjadi alasan kuat masyarakat untuk pulang kampung Lebaran tahun ini. Apalagi Pemerintah sudah mempersilahkan masyarakat bepergian merayakan Idul Fitri, memanfaatkan pelonggaran sosial dan cuti bersama 29 April hingga 6 Mei yang diumumkan Presiden Jokowi, Rabu lalu (6/4/2022).

Read More

“Cuti bersama ini dapat digunakan untuk bersilaturahmi dengan orang tua, dengan keluarga dan handai tolan di kampung halaman, namun perlu tetap saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai,” kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Arus mudik tentu berarti mobilitas dan interaksi sosial yang tinggi. Menurut Presiden, diperkirakan jumlah pemudik tahun ini mencapai 85 juta orang. 53% di antaranya menggunakan transportasi umum, 47% membawa kendaraan pribadi.

Mobilitas dan interaksi sosial yang tinggi berarti risiko penularan Covid-19 yang juga tinggi. Karena itulah Presiden menginstruksikan percepatan vaksinasi di samping disiplin protokol kesehatan. Telah divaksin hingga dosis booster menjadi persyaratan bagi mereka yang ingin mudik tahun ini.

Baca Juga:
Jasa Raharja Buka Pendaftaran Mudik Gratis, Catat Tanggalnya

“Bersegeralah melengkapi dengan vaksin booster, harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dan harus selalu bermasker pada saat di tempat umum atau dalam kerumunan,” ujarnya.

Menindaklanjuti instruksi ini, Badan Intelijen Negara (BIN) – sebagai salah satu lembaga yang ditugaskan mempercepat vaksinasi – melanjutkan keberhasilannya melancarkan vaksinasi door to door (jemput bola) dengan program Safari Vaksinasi Malam Hari.

Menurut Kepala BIN (Kabin) Jend Pol (Purn) Budi Gunawan, program ini hasil penyesuaian dengan pola kegiatan masyarakat selama bulan puasa.

“Prinsipnya sama, kita jemput bola. Karena pada bulan Ramadan masyarakat banyak keluar pada malam hari, maka tim vaksinasi BIN di semua daerah kita arahkan menggelar vaksinasi di malam hari,” papar Kabin ditulis Senin (11/4/2022).

“Laporan dari berbagai daerah menunjukkan capaian yang sangat menggembirakan. Bulan puasa terbukti tidak menghalangi kegiatan vaksinasi. Bahkan sebaliknya, malam Ramadan semakin bermakna karena setelah Tarawih masyarakat bisa mendapatkan layanan vaksinasi,” lanjut Budi Gunawan.

Baca Juga:
7,6 Juta Orang Pemudik Diprediksi Gunakan Kereta Api, Kemenhub: Bisa Dilakukan Perjalanan Sebelum H-10

Di kota Denpasar, BIN Daerah (Binda) Bali menggelar Safari Vaksinasi Malam Hari di halaman Masjid Al Qomar, Rabu (6/4/2022). Tidak hanya jamaah, layanan vaksinasi yang dibuka sejak sore dan dilanjutkan setelah Tarawih ini juga dihadiri warga dari berbagai pelosok Denpasar. Suasana kerukunan sangat terasa.



#Jelang #Mudik #BIN #Gencarkan #Vaksinasi #Hingga #Malam #Hari

Sumber : www.suara.com

Related posts