Instruksi Tegas Kapolri Ke Bawahan Saat Kawal Aksi 11 April 2022: Jaga Kesucian Bulan Ramadhan!

Instruksi Tegas Kapolri Ke Bawahan Saat Kawal Aksi 11 April 2022: Jaga Kesucian Bulan Ramadhan!

Independencechamber.org – Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajaran kepolisian yang akan mengawal aksi mahasiswa pada Senin (11/4/2022) hari ini, untuk melakukan pengawalan dan pengamanan dengan pendekatan humanis.

Read More

Kapolri juga mengingatkan seluruh anggota dan para mahasiswa yang akan menyampaikan aspirasinya besok, agar menjaga kesucian Bulan Ramadhan.

“Polri memberikan dan menjamin setiap warga negara untuk untuk menyampaikan aspirasinya atau memberikan ruang demokrasi. Oleh karena itu, pendekatan humanis harus terus dilaksanakan dalam mengawal aksi demonstrasi,” kata Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Minggu (10/4/2022) malam.

Instruksi tersebut disampaikan langsung oleh Kapolri dalam kegiatan video konferensi bersama seluruh jajaran kepolisian, baik dari tingkat Mabes Polri, polda dan polres jajaran.

Baca Juga:
Hadapi Demo Mahasiswa Di Aksi 11 April 2022, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin Di Sekitar Gedung DPR

Dalam video konferensi tersebut, mantan Kabareskrim Polri itu menyatakan komitmen Polri dalam menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM) dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia.

Polri, lanjut dia, berpegang teguh pada UUD 1945 maupun undang-undang yang mengatur soal kebebasan berpendapat dan berekspresi yang merupakan bagian dari HAM sehingga diberikan perlindungan secara universal (umum).

Namun, mantan Kadiv Propam itu juga menegaskan, aparat kepolisian tetap akan menjalankan tugasnya dalam memberikan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Untuk itu, Sigit berharap, kegiatan penyampaian aspirasi oleh mahasiswa pada Senin, 11 April 2022, mampu menghormati dan menjaga kesucian serta kekhusyukan umat Islam yang sedang menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan.

“Sebab itu, humanis harus terus dilaksanakan. Apalagi, karena saat ini bulan Ramadhan, kesucian dan kekhusyukan bagi umat Islam yang sedang menjalani puasa tetap harus kami perhatikan,” ujar Sigit sebagaimana dilansir Antara.

Baca Juga:
Bakal Ada Demo Mahasiswa Besar-besaran Hari Ini, Layanan Transjakarta Tetap Normal

Untuk menciptakan situasi kamtibmas yang tetap kondusif, aman dan damai pada saat demonstrasi di bulan Ramadhan itu, Sigit pun mengimbau, baik personel kepolisian maupun peserta aksi untuk sama-sama mengantisipasi adanya penumpang gelap atau oknum yang berusaha menunggangi demonstrasi tersebut.



#Instruksi #Tegas #Kapolri #Bawahan #Saat #Kawal #Aksi #April #Jaga #Kesucian #Bulan #Ramadhan

Sumber : www.suara.com

Related posts