Yakinkan Tak Ada Penundaan, KPU Minta DPR Gelar Rapat Tahapan Pemilu Sebelum Reses

Yakinkan Tak Ada Penundaan, KPU Minta DPR Gelar Rapat Tahapan Pemilu Sebelum Reses

Independencechamber.org – Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta DPR agar segera menggelar rapat dengar pendapat (RDP) mengenai tahapan, jadwal, program, hingga anggaran Pemilu 2024. Bahkan, agenda diminta mulai dijalankan sebelum masa reses dewan, 15 April mendatang.

Read More

Anggota KPU RI, Hasyim Asyari mengatakan, pihaknya tidak menganjurkan RDP digelar di masa sidang selanjutnya. Apalagi jika ditunda, pembahasan akan dimulai molor dua pekan lebih.

“KPU tetap mengusulkan RDP membahas tahapan Pemilu 2024 pada pekan ini selama masih masa sidang ini sebelum masuk masa reses, dan agar RDP tidak dilaksanakan pada masa sidang berikutnya,” ujar Hasyim dalam keterangan yang diterima pada Minggu (11/4/2022).

Menurut Hasyim, jika RDP soal Pemilu digelar lebih cepat, maka masyarakat akan diyakinkan tidak ada niatan untuk penundaan. Pemilihan tetap dipastikan berlangsung sesuai jadwal 14 Februari 2024.

Baca Juga:
KPU Tegaskan Rapat Dengar Pendapat Pemerintah-DPR Membahas Pemilu Tetap Sesuai Jadwal

“Ini untuk meyakinkan publik bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 tetap sesuai jadwal yang direncanakan dan memberikan ruang waktu bagi KPU untuk mempersiapkan sebelum masuk tahapan yang akan dimulai pada 14 Juni 2022,” jelas Hasyim.

Ia pun mengusulkan agar RDP pembahasan pemilu dilakukan pada Rabu, 13 April 2022. Pertimbangan lainnya adalah pelantikan Anggota KPU baru pada Selasa 12 April di Istana Negara pukul 13.00 WIB.

Setelah itu, Anggota KPU 2022-2027 akan melakukan pembahasan internal untuk membahas RDP tersebut.

“Perlu diusulkan agar Sekjen KPU bersurat kepada DPR dan memohon penjadwalan ulang RDP dilaksanakan pada hari Rabu, 13 April 2022 jam 13.00,” pungkasnya.

Baca Juga:
Pastikan Pemilu Digelar 14 Februari 2024, Jokowi: Jangan Muncul Spekulasi Perpanjangan Jabatan



#Yakinkan #Tak #Ada #Penundaan #KPU #Minta #DPR #Gelar #Rapat #Tahapan #Pemilu #Sebelum #Reses

Sumber : www.suara.com

Related posts