Bacaan Doa Kamilin, Doa Setelah Sholat Tarawih Lengkap Tulisan Latin dan Artinya

Bacaan Doa Kamilin, Doa Setelah Sholat Tarawih Lengkap Tulisan Latin dan Artinya

Independencechamber.org – Saat mengerjakan sholat tarawih di bulan Ramadan, terdapat banyak doa-doa yang sering dilafazkan imam salah satunya yaitu doa kamilin. Doa Kamilin adalah doa yang lazim dilafazkan imam setelah sholat tarawih. Adapun bacaan doa kamilin, doa setelah sholat tarawih yakni sebagai berikut.

Read More

Diketahui, doa kamilin ini dilafazkan usai sholat tarawih yaitu setelah rakaat kedelapan atau pun rakaat kedua puluh. Doa kamilin bermakna harapan perihal kesempurnaan iman umat Islam. Seperti apa doa kamilin setelah sholat tarawih?

Setelah mengetahui manfaat doa ini, berikut adalah bacaan doa kamilin, doa setelah sholat tarawih yang perlu diketahui.

Bacaan Doa Kamilin

Baca Juga:
5 Amalan Malam Nuzulul Quran yang Dianjurkan Dikerjakan Pada 17 Ramadhan, Lakukan dengan Sungguh-sungguh!

Allahummaj‘alna bil imani kamilin. Wa lil faraidli muaddin. Wa lish-shlati hafidhin. Wa liz-zakati fa‘ilin. Wa lima ‘indaka thalibin. Wa li ‘afwika rajin. Wa bil-huda mutamassikîn. Wa ‘anil laghwi mu‘ridlîn. Wa fid-dunya zahdin. Wa fil ‘akhirati raghibin. Wa bil-qadla’I radlin. Wa lin na‘ma’I syakirin. Wa ‘alal bala’i shabirin. Wa tahta liwa’i muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyamati sa’irina wa alal haudli waridîn. Wa ilal jannati dakhilin. Wa minan nari najin. Wa ‘ala sariirl karamati qa’idîn. Wa bi hurun ‘in mutazawwijin. Wa min sundusin wa istabraqin wadibâjin mutalabbisin. Wa min tha‘amil jannati akilîn. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaribin. Bi akwabin wa abariqa wa ka‘sin min ma‘in. Ma‘al ladzina an‘amta ‘alaihim minan nabiyyina wash shiddiqina wasy syuhada’i wash shalihina wa hasuna ula’ika rafiqan. Dalikal fadl-lu minallahi wa kafa billahi ‘aliman.

Allahummaj‘alna fi hadzihil lailatisy syahrisy syarifail mubarakah minas su‘ada’il maqbulin. Wa la taj‘alna minal asyqiya’il mardudin. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa alihi wa shahbihi ajma‘in. Birahmatika ya arhamar arahimin wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.

Adapun arti doa kamilin setelah sholat tarawih yaitu sebagai berikut:

“Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara salat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang rida dengan qadha-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang saleh.

Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Baca Juga:
Doa Khusus saat Sholat Tarawih dan Malam Lailatul Qadar, Apa Itu? Begini Kata Ustadz Adi Hidayat

Demikian informasi mengenai bacaan doa kamilin, doa setelah sholat tarawih yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.



#Bacaan #Doa #Kamilin #Doa #Setelah #Sholat #Tarawih #Lengkap #Tulisan #Latin #dan #Artinya

Sumber : www.suara.com

Related posts