Diciduk di Tangerang, Ini Identitas dan Peran Lima Tersangka Terduga Teroris NII

Diciduk di Tangerang, Ini Identitas dan Peran Lima Tersangka Terduga Teroris NII

Independencechamber.org – Tim Densus 88 Antiteror Polri mengungkap identitas dan peran lima tersangka teroris kelompok Negara Islam Indonesia (NII). Kelima tersangka berjenis kelamin laki-laki itu sebelumnya ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri  di wilayah Tangerang, Banten pada Minggu (3/4) pekan lalu.

Read More

Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar, menyebutkan inisial kelima tersangka, yakni SA, SO, TA, MH dan AHA.

Tersangka SA kata Aswin, berusia 37 tahun, terlibat dalam pertemuan kelompok NII di Green Village Depok.

“Tersangka SA pemegang rekening NII berdasarkan keterangan AY (sudah ditangkap) bendahara NII Padang,” ungkap Aswin, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga:
5 Terduga Teroris Jaringan NII Dibekuk di Tangsel, MUI: Jangan Percaya Ajakan Jihad seperti Itu, Cuma Kamuflase

Penyidik menemukan ada transaksi dana dari rekening AY ke SA sampak dengan Oktober 2021 sebesar Rp119,5 juta.

SA juga menyelenggarakan rihlah (pergantian struktur) berupa psikotes dan wawancara serta longmarch 40 km di Sumbar.

Tersangka kedua, SO berusia 36, selaku ketua Tangerang Selatan, pernah hadir dalam pertemuan di Green Village Depok, berhubungan dengan tersangka Zefrizal (sudah ditangkap).

“Pada tahun 2019, SO datang ke Sumbar bertemu dengan NII Sumbar, yang diikuti sebanyak 250 orang di Sawahlunto,” ujar Aswin.

Kemudian tersangka TA (37), terlibat dalam turun langsung ke Sumbar yang bersama perwakilan NII dari Kota Tangerang dan Tangerang Barat sejumlah 6 orang untuk membuka daerah rintisan.

Baca Juga:
Densus 88 Tangkap Tersangka Teroris di Bogor, Ini Tanggapan AKBP Iman Imanudin

“TA berperan memberikan arahan dan petunjuk kepada RS (sudah ditangkap) terkait untuk mempersiapkan tukang besi membuat senjata tajam,” papar Aswin.

Selanjutnya tersangka MH (24) keterlibatan sebagai sekretaris NII daerah Tangerang Selatan, pernah hadir dalam pertemuan di Green Village Depok, mengirim bahan dari pusat terkait dengan arahan-arahan melalui email. “MH juga terlibat sebagai tim IT (teknologi informasi),” ucapnya.

Yang kelima tersangka AHA alias Y (31) adalah sekretaris dan naik tingjat menjadi Ketua NII wilayah Tangerang Kota, pernah turun ke Sumbar bersama perwakilan dari Tangerang Kota dan Tangerang Barat sejumlah 6 orang untuk membuka daerah rintisan.

Aswin menambahkan, terhadap lima (5) tersangka masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap jaringannya.

Sebelumnya Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan, Rabu (6/4) menyebutkan, penangkapan 5 tersangka teroris NII Tangerang ini merupakan pengembangan yang telah dilakukan beberapa waktu lalu di wilayah Sumatera Barat. (Antara)



#Diciduk #Tangerang #Ini #Identitas #dan #Peran #Lima #Tersangka #Terduga #Teroris #NII

Sumber : www.suara.com

Related posts