Tradisi Maidaturrahman, Buka Puasa Gratis di Jalan Utama Kairo

Tradisi Maidaturrahman, Buka Puasa Gratis di Jalan Utama Kairo

Independencechamber.org – Mesir punya tradisi unik ramadhan, yaitu maidaturrahman. Dalam tradisi maidaturrahman, disediakan buka puasa gratis di sepanjang jalan utama Kairo, ibu kota Mesir.

Read More

Hal itu diceritakan Wakil Duta Besar RI untuk Mesir Muhamad Aji Surya. Katanya, selama Ramadhan banyak hidangan buka puasa gratis di Mesir yang dibagikan kepada siapa pun yang menginginkan.

Jamuan makanan berbuka yang dikenal dengan istilah maidaturrahman itu dilakukan di tenda-tenda dadakan di sepanjang jalan utama ibu kota Kairo.

“Tenda kain dengan corak khas Arab itu memuat belasan hingga tiga puluhan kursi. Di tempat itulah maidaturrahman atau hidangan buka puasa gratis akan dibagikan kepada siapa saja yang menginginkan,” kata Aji dalam acara “Antara Obrol Bareng Edisi Ramadhan Mancanegara” secara virtual, Rabu.

Baca Juga:
Contoh Khutbah Jumat Ramadhan tentang Keistimewaan Bulan Suci dan Peristiwa Agung yang Terjadi

Syarat untuk mendapatkan maidaturrahman, kata dia, adalah menduduki salah satu kursi yang disediakan, karena jumlah makanan yang disediakan disesuaikan dengan jumlah kursi yang ada.

“Artinya bagi yang sudah menduduki kursi makan dipastikan akan mendapatkan jatah maidaturrahman,” kata Aji.

Mereka yang tidak kebagian kursi tidak mendapat jatah, kecuali porsi makanannya dilebihkan.

“Menu buka puasa gratis ini cukup lengkap dan beragam. Dari mulai takjil hingga makanan berat, roti-rotian, nasi khas Arab, dengan lauk ayam, ikan, hingga daging kambing,” kata dia.

Selain maidaturrahman, kata dia, banyak warga Mesir yang juga bersiap di tepi jalan, perempatan, dan lampu merah untuk membagikan takjil (penganan untuk berbuka).

Baca Juga:
Menikmati Ramadhan, Ini Tawaran Bersama Room Inc Semarang

Biasanya yang dibagikan tidak selengkap maidaturrahman, biasanya hanya kurma, jus kemasan atau air mineral, kata dia.



#Tradisi #Maidaturrahman #Buka #Puasa #Gratis #Jalan #Utama #Kairo

Sumber : www.suara.com

Related posts