Subholding Gas Pertamina Manfaatkan Gas Bumi Jadi Bahan Bakar Alat Pendingin Ruangan

Subholding Gas Pertamina Manfaatkan Gas Bumi Jadi Bahan Bakar Alat Pendingin Ruangan

Independencechamber.org – Subholding Gas Pertamina PT Permata Karya Jasa (Perkasa) melakukan inovasi dengan memanfaatkan gas bumi sebagai bahan bakar alat pendingin ruangan atau chiller.

Read More

Direktur Utama PT Perkasa Adhi Lingga Harymurti mengatakan, chiller juga dapat digunakan untuk pendingin ruang operasional pabrik maupun ruangan kantor.

Chiller berbahan bakar gas bumi ini memiliki sejumlah kelebihan. Pertama, ramah lingkungan, karena chiller ini menggunakan refrigerant berupa air dan Lithium bromide bukan freon. Seperti diketahui, freon yang dihasilkan oleh pendingin konvensional dapat merusak ozon.

“Kedua adalah green energy, karena berbahan bakar gas sehingga layak untuk diaplikasikan secara lebih luas di masyarakat. Kelebihan ketiga yaitu dapat juga menggunakan bahan bakar dari panas buang pembangkit (exhaust),” ujar Adhi dalam keterangannya di Jakarta,  (6/4/2022).

Baca Juga:
Subholding Gas Pertamina Hadirkan Solusi Hemat dan Ramah Lingkungan Lewat Pendingin Tenaga Gas

Adhi melanjutkan bahwa dengan memanfaatkan panas buang pembangkit akan dapat meningkatkan efisiensi, karena panas yang terbuang bisa mencemari lingkungan.

Maka panas buang tersebut bisa diolah dengan chiller untuk menghasilkan udara dingin.

“Misalnya gas engine dari sebuah pabrik. Gas engine itu menghasilkan listrik mandiri, selain PLN. Dari situ pasti ada gas buangnya yang lebih dari 300 derajat. Itu bisa digunakan untuk energi chiller. Maka bisa disebut juga dengan absorption chiller atau menyerap panas dari sebuah pembangkit,” katanya.

Chiller ini juga lebih aman, karena ini bersifat vacuum bukan tekanan sehingga kemungkinan terjadi ledakan sangat rendah.

Terakhir, chiller telah lulus uji ketahanan gempa sampai dengan 9 SR. Ketika ada gempa, solution yang ada di dalamnya tetap stabil dan sehingga tetap bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga:
Layanan Gas Bumi Subholding Gas Pertamina Jatim ke PT Garam, Tingkatkan Efisiensi Energi 30%



#Subholding #Gas #Pertamina #Manfaatkan #Gas #Bumi #Jadi #Bahan #Bakar #Alat #Pendingin #Ruangan

Sumber : www.suara.com

Related posts