Fit dan Proper Test Dewan Komisioner OJK Dimulai, Ini Sederet PR di Sektor Asuransi

Fit dan Proper Test Dewan Komisioner OJK Dimulai, Ini Sederet PR di Sektor Asuransi

Independencechamber.org – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah memulai proses fit and proper test untuk calon Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sederet calon mulai diwawancara oleh DPR, sebelum akhirnya daftar nama itu mengerucut.

Read More

Salah satu sektor yang menjadi perhatian banyak pihak dari pengawasan OJK adalah industri keuangan nonbank (IKNB). Sederet permasalahan di bidang asuransi membuat pengawasan di sektor IKNB dipertanyakan.

Pengamat Perasuransian Irvan Rahardjo menilai, sektor IKNB memang memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Lantaran itu, Komisioner OJK di bidang IKNB diharapkan bisa menyelesaikan sederet tugas berat tersebut.

“Komisioner IKNB OJK yang diharapkan untuk lima tahun ke depan adalah yang mampu menyelesaikan sejumlah PR masalah di IKNB. Khususnya kasus-kasus asuransi seperti Jiwasraya, Bumiputera, Wana Artha  Life, Kresna Life dan unit link dari sisi penguatan perlindungan konsumen,” ujar Irvan kepada wartawan, Rabu (6/4/2022). 

Baca Juga:
Fit dan Proper Test Calon Ketua OJK, Mahendra Siregar Soroti Kedalaman Industri Keuangan yang Masih Rendah

Selain itu menurutnya sosok Dewan Komisioner OJK IKNB juga harus menguasai perkembangan fintech. Apalagi perkembangan fintech belakangan ini sangat pesat seperti pinjol, kripto dan lain sebagainya.

Irvan juga menilai calon Dewan Komisioner OJK di bidang IKNB akan jauh lebih baik jika sudah berpengalaman di bidang perasuransian. Setidaknya, sosok tersebut tak perlu lagi belajar mengenai industri tersebut.

“Setidaknya memastikan bahwa calon tidak perlu belajar lagi. Melainkan yang diperlukan eksekusi segera,” ucapnya.

Sekadar informasi Posisi Kepala Eksekutif Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) menjadi sorotan mengingat banyaknya permasalahan di industri asuransi dan fintech yang termasuk dalam ranah pengawasan IKNB. Salah satu calonnya ialah Pantro Pander Silitonga.

Dari dua nama yang beredar diusulkan Presiden Jokowi untuk posisi KE IKNB, Pantro menjadi satu-satunya kandidat yang saat ini aktif berkecimpung dalam industri IKNB dan memiliki posisi strategis dengan tanggung jawab krusial di industri asuransi dan penjaminan.

Baca Juga:
Calon Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar Singgung Omnibus Law Sektor Keuangan

Pantro saat ini menjabat sebagai Direktur Bisnis PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia sekaligus Komisaris IFG Life.



#Fit #dan #Proper #Test #Dewan #Komisioner #OJK #Dimulai #Ini #Sederet #Sektor #Asuransi

Sumber : www.suara.com

Related posts