BLT UMKM 2022 Kapan Cair? Cek Berkala Daftar Penerima Bantuan BPUM di eform.bri.co.id

BLT UMKM 2022 Kapan Cair? Cek Berkala Daftar Penerima Bantuan BPUM di eform.bri.co.id

Independencechamber.org – Kabarnya, pemerintah berencana akan meneruskan program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) alias BLT UMKM pada tahun 2022 ini. Lalu BLT UMKM 2022 kapan cair?

Dalam konferensi pers di Jakarta, pada hari Selasa (5/4/2022), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa BLT UMKM diagendakan berlanjut, menyusul bantuan subsidi upah (BSU) Rp 1 juta kepada pekerja bergaji di bawah Rp3,5 juta. Namun, belum ada kepastian BLT UMKM 2022 kapan cair.

Terkait besaran bantuan, Airlangga mengatakan bahwa uang yang diterima pelaku usaha mencapai Rp 600 ribu per penerima. Sasaran bantuan ini serupa dengan bantuan kepada pedagang kaki lima (PKL), pemilik warung, dan juga nelayan.

Selain BLT UMKM, pemerintah juga telah menyiapkan beragam bantuan lain yang masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), baik bansos reguler maupun bansos yang hadir saat pandemi Covid-19. Bansos tersebut berupa Kartu Sembako kepada 18,8 juta (KPM), PKH dengan tambahan 2 juta KPM, BLT minyak goreng Rp 300 ribu untuk tiga bulan (Rp 100 ribu per bulan), dan yang terbaru adalah bantuan subsidi upah Rp 1 juta.

Baca Juga:
BLT Minyak Goreng Segera Disalurkan, Video Lawas Jokowi Kritik BLT Viral: Dari Dulu, Saya Tidak Setuju BLT

Pemerintah saat ini masih mempersiapkan instrumen dan regulasi terkait bantuan-bantuan ini. Sehingga belum ada kejelasan jadwal BLT UMKM 2022 kapan cair. Untuk itu, ada baiknya anda mengecek secara berkala apakah termasuk daftar penerima BLT UMKM 2022. 

Cara Cek Penerima BLT UMKM 2022

Nantinya, para penerima BLT UMKM 2022 akan ditransfer uang Rp 600.000 melalui bank-bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) atau bank BUMN. Adapun cara untuk mengecek penerima BLT UMKM 2022 adalah melalui e-form BRI. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama, masuk ke halaman e-form BRI melalui link: eform.bri.co.id/bpum.
  • Kemudian, isikan nomor KTP dengan benar. 
  • Tunggu kode verifikasi untuk melanjutkan. 
  • Jika sudah menerima kode verifikasi, masukkan kode verifikasi, lalu dilanjutkan dengan mengklik ‘’proses inquiry”.
  • Setelah itu akan muncul notifikasi pemberitahuan, apakah Anda masuk sebagai penerima BLT UMKM 2022 atau tidak. 

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan APBN 2022, dana bantuan yang akan digelontorkan pemerintah untuk pemulihan ekonomi adalah sebesar Rp 455,62 triliun yang dialokasikan pada tiga kelompok. Kelompok pertama adalah penanganan kesehatan mendapat alokasi anggaran Rp 122,54 triliun, mencakup program vaksinasi, perawatan pasien Covid-19, insentif tenaga kesehatan, insentif perpajakan, dan juga penanganan Covid-19 di daerah.

Kelompok kedua adalah perlindungan masyarakat, yaitu Rp 154,76 triliun mencakup program bansos (PKH, sembako), Kartu Pra Kerja, BLT Desa, Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), dan juga antisipasi perluasan perlinsos. Sementara kelompok ketiga, adalah sebesar Rp 178,32 triliun yang dialokasikan untuk pemulihan ekonomi, melalui program Padat Karya untuk parekraf, ketahanan pangan, di bidang ICT, pembangunan kawasan industri, dan dukungan kepada UMKM, termasuk BLT UMKM.

Baca Juga:
Cara Cek Penerima BLT UMKM 2022 di e-form BRI, Ketahui Langkah Daftarnya Agar Dapat Bantuan Rp 600 Ribu

Demikian informasi tentang BLT UMKM 2022 kapan cair yang perlu kalian perhatikan.



#BLT #UMKM #Kapan #Cair #Cek #Berkala #Daftar #Penerima #Bantuan #BPUM #eformbricoid

Sumber : www.suara.com

Related posts