Indonesia Alami Masalah Gizi Kronis Pada Anak dan Ibu Hamil

Indonesia Alami Masalah Gizi Kronis Pada Anak dan Ibu Hamil

Independencechamber.org – Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan salah salah satu capaian di bidang ekonomi yang patut disyukuri yakni keberhasilan Indonesia menekan angka kemiskinan hingga di bawah 10 persen. Namun, Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah (PR) mengenai gizi anak.

Read More

“Di balik capaian tersebut, Indonesia masih mengalami permasalahan gizi kronis, pada anak dan ibu hamil. Kekurangan gizi ini mencakup berat badan kurang, balita kurus serta stunting,” ujar Maruf dalam Forum Merdeka Barat bertajuk Cegah Stunting, Tingkatkan Daya Saing, Senin (4/4/2022).

Maruf menuturkan prevalensi stunting balita pada 2018 mencapai 30,8 persen. Artinya, hampir satu dari tiga anak Indonesia mengalami kekurangan gizi dalam jangka waktu lama, yaitu pada 1.000 hari pertama kehidupan. Sementara batas toleransi yang ditetapkan WHO adalah di bawah 20 persen.

“Menyikapi kondisi darurat stunting tersebut pada tahun 2018 pemerintah menargetkan percepatan penurunan stunting melalui penyusunan strategi nasional percepatan pencegahan atau Stranas stunting,” ucap dia.

Baca Juga:
Surat Palsu untuk Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Jusuf Kalla: Arief Rosyid Palsukan Kop Surat, Stempel, dan Tanda Tangan

Mantan Ketua MUI itu menuturkan, terjadi penurunan stunting dalam tiga tahun terakhir dari 30,8 persen menjadi 24,4 persen di tahun 2021. Penurunan stunting tersebut berdasarkan hasil survei Studi Status Gizi Indonesia atau SSGI 2021.

“Komitmen pemerintah tentu tidak lantas berhenti dengan capaian tersebut, target kita sekarang angka stunting dapat ditekan hingga 14 persen pada 2024,” ucap dia.

Pemerintah juga telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

“Perpres ini mengadopsi Strategi Nasional (Stranas) Stunting yang telah ada serta memberikan penguatan pada beberapa aspek pokok,” katanya.

Baca Juga:
Lebih Sering Diam, 3 Pernyataan Ma’ruf Amin Ini Langsung Hebohkan Publik, Termasuk soal Pisang



#Indonesia #Alami #Masalah #Gizi #Kronis #Pada #Anak #dan #Ibu #Hamil

Sumber : www.suara.com

Related posts