Contoh Khutbah Tarawih, 3 Materi Bisa Jadi Referensi Kultum Bulan Ramadhan saat Sholat Malam Nanti

Contoh Khutbah Tarawih, 3 Materi Bisa Jadi Referensi Kultum Bulan Ramadhan saat Sholat Malam Nanti

Independencechamber.org – Sholat tarawih adalah sholat sunah yang dilaksanakan khusus di bulan Ramadhan oleh umat muslim. Umumnya, sholat tarawih diisi pula dengan kultum atau khutbah. Apa saja materi atau pembahasan yang bisa dijadikan contoh khutbah tarawih?

Read More

Anda dapat mengambil referensi dari tiga materi untuk contoh khutbah tarawih di bawah ini. Biasanya, khutbah tarawih ini disampaikan selesai sholat tarawih dengan tujuan untuk memantabkan ibadah umat muslim di bulan Ramadhan. 

1. Contoh Khutbah Tarawih, membahas Keuatamaan Shalat Tarawih

Dikutip dari laman islam.nu.or.id, pengkhotbah bisa menyampaikan khutbah tarawih dengan konten membahas keutamaan sholat tarawih di bawah ini.

Baca Juga:
Ramadhan Makin Dekat, Berikut Persiapan Ramadhan Ala Anak Kost

“Selain ibadah puasa, salah satu yang spesial di bulan Ramadhan adalah shalat tarawih. Ritual yang dilakukan setelah shalat Isya ini memiliki keutamaan dan pahala yang besar. Syekh Taqiyuddin al-Hishni dalam karyanya Kifayatul Akhyar menegaskan bahwa kesunnahan shalat tarawih merupakan kesepakatan seluruh ulama dari berbagai mazhab, tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyelisihi konsensus tersebut.

Al-Hishni mengatakan: “Adapun shalat tarawih, tidak diragukan lagi di dalam kesunnahannya. Kesepakatan ulama telah menjadi kukuh di dalam kesunnahannya, yang demikian dikatakan tidak hanya satu orang. Tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyimpang” (Syekh Taqiyuddin al-Hishni, Kifayah al-Akhyar, hal. 89),” dan seterusnya. 

2. Contoh khutbah Tarawih, membahas tentang Ramadhan

Dari laman nu.or.id, Anda bisa menjadikan artikel yang diterbitkan di laman tersebut sebagai konten atau contoh khotbah tarawih. Berikut contoh konten yang bisa dimodifikasi jadi khutbah Tarawih bertema tentang Ramadhan. 

“Apa itu Ramadhan? Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah, kalender umat Islam yang menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya. Muslim atau Muslimah dewasa yang sehat dan tidak sedang dalam halangan syar’i diwajibkan menjalankan ibadah puasa dalam bulan Ramadhan dari Subuh hingga terbenamnya matahari.  

Baca Juga:
Nikmatnya Pindang Kambing Khas Wonogiri, Paduan Sempurna Daging dan Rempah yang Cocok untuk Buka Puasa

Selama bulan Ramadhan, umat Muslim bangun pagi-pagi –sebelum tiba waktu shalat Shubuh- untuk makan sahur. Kemudian mereka berpuasa sepanjang hari. Ketika matahari sudah terbenam, mereka berbuka puasa. Disunnah dengan makanan yang manis.  

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan.
Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Independencechamber.org di laman Indonesia Dermawan.
Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan
KLIK DI SINI!



#Contoh #Khutbah #Tarawih #Materi #Bisa #Jadi #Referensi #Kultum #Bulan #Ramadhan #saat #Sholat #Malam #Nanti

Sumber : www.suara.com

Related posts