Potensial Rukyat Hilal Awal Puasa Ramadhan 2022 Hari Minggu 3 April

Potensial Rukyat Hilal Awal Puasa Ramadhan 2022 Hari Minggu 3 April

Independencechamber.org – Kementerian Agama RI menggelar seminar pemaparan posis hilal untuk penentuan 1 Ramadhan 1443 Hijriah, Jumat (1/3/2022).

Read More

Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag Thomas Djamaluddin mengatakan, terkait posisi hilal 1 April 2022 di Jakarta yakni tinggi bulan hanya 1 derajat 42 menit 

“Dari penuturan asrotonomi, ternyata tinggi bulan itu untuk hanya  di Jakarta, 1 derjat 42 menit, kurang dari 2  derajat. Kalau digambarkan posisi hilal itu ada di sebalah kiri 6,4, itu tingginya hanya 2 derajat lebih,” ujar Thomas. 

“Kemudian elongasi 3 derajat, jadi tidak mungkin hilal yang sangat tipis mengalahkan cahaya syafaq apalagi terlalu dekat dengan matahari,” sambungnya. 

Baca Juga:
Link Live Streaming Pantau Hilal dari Jogja Penentuan 1 Ramadhan 1443 H

Thomas memaparkan posisi hilal saat ini secara umum kurang dari 2 derajat yakni hanya di Sumetera sebagian Jawa. Pasalnya berdasarkan kriteria yang baru tinggi hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Dengan demikian, kata dia, hal itu  belum memenuhi kriteria penetapan rukyat.

“Kalau pun mggunakan kriteria lama ini hanya sekitar wilayah Jawa dan Sumarera tapi sekarang menggunakan kriteria tinggi minmal 3 derajat. Jadi belum memenuhi kriteria. Di ketinggian 2 derajat itu hanya Jawa dan Sumatera,” kata dia 

Kata Thomas, berbeda dengan Muhammadiyah yang telah menyatakan  bahwa kriteria hilal di Indonesia saat maghrib. Muhammadiyah juga telah mengumumkan 1 Ramadan jatuh pada Sabtu 2 April 2022.

“Muhammadiyah itu memutuskan Indonesia sudah mememuhi kriteria hilal magrib sehingga muhammadiyah dalam maklumat umumkan 1 Ramadan besok,” ucapnya.

Baca Juga:
Berikut Deretan Link Twibbon Ramadhan 2022 Terbaru dan Gratis yang Cocok di Media Sosialmu

Namun, kata Thomas, jika menggunakan kriteria MABIMS 2017 yang baru, tinggi hilal di Indonesia terlalu rendah.



#Potensial #Rukyat #Hilal #Awal #Puasa #Ramadhan #Hari #Minggu #April

Sumber : www.suara.com

Related posts