DPR Anggarkan Beli Gorden Rp 48,7 Miliar, Benarkah Ada Kepentingan Proyek Anggota Dewan?

DPR Anggarkan Beli Gorden Rp 48,7 Miliar, Benarkah Ada Kepentingan Proyek Anggota Dewan?

Independencechamber.org – Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus tidak habis pikir dengan DPR yang mengalokasikan anggaran sebesar Rp 48,7 miliar hanya untuk mengganti gorden.

Read More

Ia menganggap proyek pembelian gorden DPR hingga menelan anggaran miliaran itu tentu merupakan sesuatu yang mengherankan dan sulit dipahami.

“Anggaran sebesar 48 miliar itu terlalu fantastis untuk dihabiskan mendandani ruangan DPR. Apakah dengan anggaran sebesar itu, DPR mau membeli gorden yang akan menutupi akses mereka ke dunia luar? Atau gorden yang akan dibeli mampu menutupi aktifitas DPR di dalam ruangan?” tutur Lucius dalam keterangannya, Senin (28/3/2022).

Menurut dia, tidak ada urgensi untuk pembelian gorden tersebut. Ia berujar tidak ada penjelasan masuk akal yang bisa membenarkan rencana pembelian gorden dengan total harga miliaran.

Baca Juga:
Jleb! DPR Disindir Gegara Anggarkan Rp 48 M untuk Ganti Gorden: Kerja Gak Becus, Ngabisin Duit Nomor 1

Justru ia menduga ada kepentingan lain di balik proyek pembelian gorden dengan anggaran yang fantastis.

“Satu-satunya penjelasan paling masuk akal adalah kebutuhan pengadaan gorden untuk kepentingan proyek yang menguntungkan para pengelola anggaran atau bahkan anggota DPR tertentu yang ikut bermain dalam proyek pembelian gorden tersebut,” papar Lucius.

Menurut dia, modus pengadaan dengan motif proyek tentu saja selalu mungkin terjadi ketika anggaran dipakai tanpa tanggung jawab etis untuk kemaslahatan bangsa.

“Hilangnya tanggung jawab etis membuat DPR tak punya beban untuk memakai anggaran sesuka hati seperti untuk membeli gorden yang kegunaannya sangat tak mendesak itu,” kata Lucius.

Anggaran Gorden Miliaran

Baca Juga:
Gorden Terbuka saat ML di Hotel, Wali Kota Jakbar: Jika Suami-Istri Tak Apa

Diketahui, DPR RI diketahui menganggarkan uang miliaran rupiah hanya untuk mengganti gorden dan aspal di kompleks parlemen.

Dilihat Independencechamber.org dari situs LPSE DPR RI, Minggu (27/3/2022), DPR menganggarkan Rp 48,7 miliar.

Dalam situs tersebut, anggaran tersebut diberi nama ‘Penggantian Gordyn dan Blind DPR RI Kalibata’.

Sementara itu, tender tersebut saat ini berada pada tahap evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis , dan harga.

Kemudian, sumber dana dari tender tersebut ialah APBN. Terdapat 49 peserta tender yang telah terdaftar.

Selain itu, dalam situs tersebut tertulis bahwa pergantian godern tersebut berlokasi di Jl DPR dalam Tim No 12 RT 12 RW 5, Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan.

Rupanya tak hanya ganti gorden, DPR juga menganggarkan Rp 11 miliar untuk pelapisan aspal hotmix area kompleks parlemen.

Anggaran tersebut berasal dari APBN 2022. Anggaran tersebut diberi nama Pelapisan Aspal Hotmix Area Komplek DPR RI dengan kode RUP 35120066.



#DPR #Anggarkan #Beli #Gorden #Miliar #Benarkah #Ada #Kepentingan #Proyek #Anggota #Dewan

Sumber : www.suara.com

Related posts