Pemkab Asmat Siap Kawal Bantuan Kemensos Supaya Tepat Sasaran

Pemkab Asmat Siap Kawal Bantuan Kemensos Supaya Tepat Sasaran

Independencechamber.org – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat siap untuk terus mengawal bantuan yang diserahkan oleh Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini kepada warga di sana. Ini dilakukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan efektiif untuk memajukan kehidupan masyarakat.

Read More

Bupati Asmat, Elisa Kambu menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Risma yang telah bersedia hadir dan menyapa warga di kawasan terpencil yakni Kampung Amagais dan Erosaman sebanyak dua kali.

“Bantuan yang ada ini bisa mendorong perbaikan kehidupan masyarakat,” tutur Elisa.

Untuk memastikan hal tersebut, Pemkab Asmat akan mengoptimalkan peran tiga jalur, yakni pemkab, para tokoh agama, dan tokoh adat.

Baca Juga:
Warganet Bandingkan Rara Pawang Hujan dengan Mensos Risma: Harusnya Mbak Rara Duet Sama Bu Risma

“Tiga pihak ini seperti satu tungku tiga batu. Jadi pemerintah, gereja dan masjid, juga tokoh adat harus bersinergi,” kata Elisa (27/3/2022).

Istilah “satu tungku tiga batu” lebih dikenal di Fakfak, Papua Barat untuk menunjukkan toleransi beragama. Elisa menggunakan istilah tersebut untuk menunjukkan peran penting ketiga pihak mendorong perubahan di Asmat.

Elisa menyatakan, untuk merubah Papua perlu memperkuat kualitas pendidikan.

“Kalau saudara kita dari suku tertentu dikasih kapal mereka bisa berlayar mencari ikan. Saudara kita lainnya dikasih cangkul bisa bercocok tanam. Kalau Papua harus melalui pendidikan,” katanya.

Maka ia bersyukur, bantuan dari Kemensos telah menyentuh aspek pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) Papua. Salah satu bantuan Risma di Erosaman adalah pembangunan community center. Di sini, Risma menyiapkan berbagai fasilitas pendukung untuk memperkuat pembangunan SDM seperti sambungan internet, listrik, televisi, berbagai judul buku dan juga tenaga pengajar yang akan datang secara berkala.

Baca Juga:
Anggota DPRD Sebut Pemprov Sumbar Lamban Salurkan Dana untuk Korban Gempa Pasaman Barat

Di Kabupaten Sarmi, Risma juga menyiapkan community center sebagai pusat aktifitas belajar dan memperkuat edukasi serta pengetahuan warga.



#Pemkab #Asmat #Siap #Kawal #Bantuan #Kemensos #Supaya #Tepat #Sasaran

Sumber : www.suara.com

Related posts