Apakah Muntah Membatalkan Puasa? Ini Jawaban Menurut Ustaz

Apakah Muntah Membatalkan Puasa? Ini Jawaban Menurut Ustaz

Independencechamber.org – Puasa Ramadhan 1443 H datang dalam hitungan hari di tahun 2022, Anda mungkin sudah mempersiapkan banyak hal.  Berkaitan dengan itu, mungkin Anda juga perlu mereview hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Lalu, muncul pertanyaan apakah muntah membatalkan puasa? Mari kita cari penjelasannya di bawah ini. 

Read More

Mengutip dari berbagai sumber, ada jawaban yang menjelaskan pertanyaan apakah muntah membatalkan puasa

Jawabannya berdasarkan HR. Abu Dawud, dijelaskan bahwa, “Barangsiapa yang muntah dengan sengaja hendaklah dia meng-qadha’ dan barangsiapa yang muntah tidak dengan sengaja, maka tidak ada qadha’ baginya.”

Maka, dari penjelasan itu dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa muntah yang disengaja akan membatalkan puasa, sedangkan muntah yang tidak disengaja tidak akan membatalkan puasa. Maksudnya adalah jika Anda memuntahkan sesuatu dari mulut dengan sengaja maka puasa Anda batal.

Baca Juga:
Bacaan Niat Puasa Ramadhan Latin dan Kewajiban Membacanya di Malam Hari

Akan tetapi jika karena sakit yang mendadak datang, terasa mual dan isi perut keluar secara refleks, maka puasa Anda tidak batal. Muntah bisa terjadi karena berbagai sebab, jika salah satunya adalah karena sakit. Apabila merasa mual dan harus muntah, maka lakukan saja. Sebab jika ditahan akan tidak baik untuk kesehatan Anda sendiri. 

Penjelasan di atas selaras dengan penjelasan dari Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustaz Ainul Yaqin. Dalam sebuah forum, ustaz Ainul Yaqin menyampaikan muntah merupakan perkara yang dapat membatalkan puasa apabila dilakukan secara sengaja.

Ia meneruskan muntah yang disengaja itu dipengaruhi oleh usaha agar apa yang kita makanan dan minuman yang sudah ditelan keluar kembali. Nah, itulah jawaban dari pertanyaan apakah muntah membatalkan puasa.

Selanjutnya, mungkin Anda perlu informasi lain juga terkait hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Berikut beberapa hal yang dapat membatalkan puasa. 

  1. Sengaja memasukkan sesuatu ke dalam tubuh, entah lewat mulut atau melalui lubang tubuh yan lain.
  2. Melakukan hubungan seks 
  3. Air mani atau sperma keluar dari tubuh karena terangsang tanpa melalui hubungan seksual
  4. Perempuan yang mengalami haid
  5. Hilang akal 
  6. Murtad atau keluar dari islam

Demikian itu penjelasan yang dapat dirangkum terkait dengan apakah muntah membatalkan puasa. Semoga puasa Ramadhan tahun ini memberi berkah untuk seluruh umat Islam.  

Baca Juga:
Doa Buka Puasa Ramadhan Ada 2 Versi, Seperti Apa Bacaan Latin dan Keutamannya?



#Apakah #Muntah #Membatalkan #Puasa #Ini #Jawaban #Menurut #Ustaz

Sumber : www.suara.com

Related posts