Doa Ziarah Kubur Lengkap Bacaan Latin dan Artinya, Wajib Dibaca saat Nyekar Memasuki Bulan Ramadhan

Doa Ziarah Kubur Lengkap Bacaan Latin dan Artinya, Wajib Dibaca saat Nyekar Memasuki Bulan Ramadhan

Independencechamber.org – Menjelang Bulan Ramadhan, warga Indonesia di berbagai daerah ramai-ramai melakukan ziarah kubur ke makam keluarga. Istilah ini kerap disebut dengan nyekar. Lalu apa saja doa ziarah kubur menurut Islam?

Read More

Ziarah kubur erat kaitannya dengan Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Anggota keluarga akan datang ke makam dan memberikan doa bagi pendahulunya yang sudah menghadap sang pencipta. Seperti apa doa ziarah kubur?

Selain mendoakan anggota keluarga yang sudah meninggal, melakukan ziarah kubur juga dianggap sebagai cara terbaik untuk mengingat kuasa Allah akan kematian.

Rasulullah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah: 

Baca Juga:
Apa Arti Marhaban Ya Ramadhan? Kalimat yang Sering Diucapkan Menjelang Bulan Puasa Ramadhan

“(Dulu) Aku melarang kalian melakukan ziarah kubur, maka (sekarang) berziarahlah ke kuburan, sesungguhnya ziarah kubur membuat kalian zuhud di dunia dan mengingatkan kalian pada akhirat.” (HR. Ibnu Majah)

Salah satu yang harus diluruskan dalam melakukan ziarah kubur adalah mendoakan orang yang sudah meninggal agar pahalanya melimpahi almarhum, bukan sebaliknya dengan meminta pertolongan pada orang yang berada dalam kubur.

Sebelum memasuki area makam, peziarah dianjurkan berwudhu terlebih dahulu yang dilanjutkan dengan mengucapkan salam sekaligus doa bagi ahli kubur.

Assalamu’alaikum ahlad-diyaar minal mu’miniina wal muslimiin. yarhamulloohul mustaqdimiina minnaa wal musta’khiriin. wa inna insyaa alloohu bikum la-laahiquun. wa as alullooha lanaa walakumul ‘aafiyah.

Artinya: “Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian”.

Baca Juga:
Kumpulan Hadits Tentang Ramadhan yang Diriwayatkan Imam Ahmad, Muslim, Tirmidzi hingga Bukhari

Berikut Independencechamber.org mengulas doa ziarah kubur lengkap untuk Anda. Simak baik-baik.



#Doa #Ziarah #Kubur #Lengkap #Bacaan #Latin #dan #Artinya #Wajib #Dibaca #saat #Nyekar #Memasuki #Bulan #Ramadhan

Sumber : www.suara.com

Related posts