Sudah Berada di Zona Aman, Sembilan WNI akan Pulang ke Indonesia Pada Minggu Besok

Sudah Berada di Zona Aman, Sembilan WNI akan Pulang ke Indonesia Pada Minggu Besok

Independencechamber.org – Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) berhasil mengevakuasi sembilan WNI yang terjebak di Kota Chernihiv, Ukraina yang merupakan zona pertempuran.

Read More

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan sembilan WNI tersebut saat ini berada di zona aman.

“Kami menginformasikan mereka (sembilan WNI) sudah berada di zona aman,” ujar Retno saat jumpa pers secara virtual, Jumat (18/3/2022)

Retno menjelaskan, sembilan WNI tersebut akan menjalani tes kesehatan terlebih dahulu saat tiba di KBRI Warsawa, Polandia.

Baca Juga:
9 WNI Berhasil Dievakuasi dari Chernihiv, Menlu Retno Cerita soal Perubahan Skenario Penyelamatan

Setelah itu, sembilan WNI itu nantinya akan diterbangkan ke Indonesia dengan pesawat komersil pada Minggu 20 Maret 2022.

“Setibanya nanti di Warsawa seluruh WNI akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Sebelum kembali menuju Indonesia yang rencananya akan dilakukan pada 20 Maret menggunakan pesawat komersial,” kata Retno.

Retno juga menuturkan, terdapat 23 WNI yang memilih tinggal di Ukraina dengan alasan keluarga. Sembilan staf esensial KBRI kata Retno saat ini berada di Kota Lviv.

¬†“23 warga negara Indonesia yang memilih tinggal di Ukraina, karena alasan keluarga¬† Selain itu 9 staf esensial KBRI saat ini berada di Kota Lviv,” ucap dia.

Dalam kesempatan tersebut, Retno menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, yang telah bekerja keras, bahu-membahu, dalam membantu pelaksanaan evakuasi WNI.

Baca Juga:
Curhat WNI Pengungsi dari Ukraina untuk Netizen Indonesia: Tolong Jangan Komen yang Menyakitkan

“Saya juga sampaikan terima kasih atas kerja sama dan kesabaran teman-teman sembilan WNI, karena tanpa kerja sama dan kesabaran mereka tidak mungkin evakuasi ini dapat kita lakukan dengan selamat,” katanya.¬†



#Sudah #Berada #Zona #Aman #Sembilan #WNI #akan #Pulang #Indonesia #Pada #Minggu #Besok

Sumber : www.suara.com

Related posts