Makna dan Keutamaannya yang Mengajarkan Toleransi Antar Agama dan Bebas dari Kemusyirkkan

Makna dan Keutamaannya yang Mengajarkan Toleransi Antar Agama dan Bebas dari Kemusyirkkan

Independencechamber.org – Surat Al Kafirun adalah surat ke 109 di dalam Al Quran. Surat yang terdiri dari 7 ayat ini masuk golongan surat Makkiyah. Adapun keutamaan surat Al Kafirun yakni sebagai berikut.

Dinamakan Al Kafirun (orang-orang kafir) dikarenakan isi surah ini berisi perintah Allah SWT kepada Rasulullah SAW untuk menolak ajakan orang-orang kafir dalam menyembah berhala. Surat Al Kafirun juga memperlihatkan perbedaan sesembahan serta ibadah orang islam dan orang-orang kafir. 

Surat Al Kafirun ini berisi penolakan secara tegas ajakan untuk menyembah berhala dari kaum kafir Quraisy dengan tujuan apapun. Selain itu, surat Al Kafirun juga menegaskan bahwa tak ada kompromi dalam aqidah. 

Diketahui, surat Al Kafirun termasuk surat Makkiyah yaitu surat-surat yang diturunkan sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Prosesnya turunnya golongan surah Makkiyah berlangsung sekitar selama 12 tahun, yang mana dimulai pada tanggal 17 Ramadhan. 

Baca Juga:
Makna Surat Al Kafirun, Tidak Memaksa Orang Lain dalam Aqidah dan Beribadah

Surat ini juga disebut sebagai surat yang ditakuti iblis. Hal itu tercantum dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas. Adapun bunyi haditsnya sebagai berikut:

 “Tidak ada dalam Alquran yang lebih menakutkan bagi iblis daripada Qul Ya Ayyuhal-Kafirun, sebab ia adalah tauhid dan pembebas dari kemusyrikan.” 

Lantas, apa saja keutamaan Surat Al Kafirun? Mari simak ulasannya berikut keutamaannya yang dilansir dari berbagai sumber.

Keutamaan Surat Al Kafirun

Surat Al Kafirun ini banyak keutamaan, adapun beberapa keutamaannya yakni sebagai berikut.

Baca Juga:
Hakikat dan Keutamaan Membaca Surat Al Kafirun Beserta Lafalnya

1. Ajakan Toleransi Antar Agama



#Makna #dan #Keutamaannya #yang #Mengajarkan #Toleransi #Antar #Agama #dan #Bebas #dari #Kemusyirkkan

Sumber : www.suara.com

Related posts