Bacaan Doa Witir dan Tata Cara Mengerjakannya

Bacaan Doa Witir dan Tata Cara Mengerjakannya

Independencechamber.org – Salat witir menjadi salah satu ibadah sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan antara shalat Isya dan shalat Subuh. Shalat witir biasanya akan dikerjakan setelah selesai shalat malam, shalat Tahajud dan Shalat Tarawih. Seperti apa bacaan doa Witir? 

Saat memasuki bulan suci Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan shalat Witir sesudah shalat Tarawih sebanyak satu, tiga, atau lima rakaat. Jumlah rakaat shalat Witir harus ganjil, hal itu sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub al-Anshari r.a. yang menjelaskan:

Rasulullah s.a.w, bersabda: “witir itu adalah hak setiap muslim, siapa yang lebih suka witir lima rakaat, maka kerjakanlah, atau yang suka witir tiga takaat, maka kerjakanlah dan siapa yang lebih suka witir satu rakaat, maka kerjakanlah”. (Hadits shahih, riwayat abu Daud: 1212 dan al-Nasa’i: 1693). 

Meskipun shalat witir disebut juga sebagai penutup shalat malam, namun tidak berarti harus selalu dikerjakan pada akhir malam. Shalat Witir bisa juga dikerjakan pada awal atau tengah malam. 

Baca Juga:
Bacaan Niat Salat Witir dan Tata Cara Mengerjakannya untuk Satu Rakaat, Dua atau Tiga

Lantas bagaimana bacaan doa Witir dan tata cara pelaksanaannya? 

Bacaan Doa Witir 

Dikutip dari NU Online berikut ini bacaan latin doa Witir lengkap dengan terjemahannya. 

Allahumma innaa nas’aluka iimanan daaimaan, wanasaluka qalban khasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqan, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wAanas’aluka diinan qayyiman, wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, waanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghina’a ‘aninnaasi. 

Allahumma rabbana taqabbal minnaa shalaatana washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadharru’anaa wata’abbudanaa watamim taqshiiranaa yaa allahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washalallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’ala aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillahi rabbil ‘aalamiina

Baca Juga:
Bacaan Niat dan Tata Cara Salat Tarawih hingga Witir

Artinya: “Ya Allah, kami mohon pada-Mu, ketetapan iman, hati yang khusyuk, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang baik dan benar, amal saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak. Kami memohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu rasa syukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. 



#Bacaan #Doa #Witir #dan #Tata #Cara #Mengerjakannya

Sumber : www.suara.com

Related posts