Audiensi dengan Perwakilan UNHCR Soal Perpindahan ke Negara Ketiga, Pengungsi Afghanistan Tak Dapat Jawaban Memuaskan

Audiensi dengan Perwakilan UNHCR Soal Perpindahan ke Negara Ketiga, Pengungsi Afghanistan Tak Dapat Jawaban Memuaskan

Independencechamber.org – Perwakilan pencari suaka asal Afghanistan melakukan audiensi dengan pihak United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Indonesia. 

Read More

Audiensi tersebut digelar di Kantor UNHCR, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan pada Selasa (8/3/2022).

Salah satu pencari suaka asal Afghanistan, Rehme mengatakan, belum ada jawaban yang memuaskan dari pihak UNHCR terkait perpindahan ke negara ketiga dari hasil audiensi tersebut .

“Tadi kita sudah diskusi sama officer UNHCR tentang process dan pindah kita ke negara ketiga tapi masih kita tidak dapat jawaban yang tertentu,” ujar Rehme kepada Independencechamber.org, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga:
Minta Tolong ke Jokowi, Imigran Afghanistan: Kami 10 Tahun di Sini Tak Boleh Kerja, Kuliah Masih Belum Jelas!

Meski begitu, pihak UNHCR akan melakukan upaya membantu para pengungsi Afganistan.

“Cuma officer (UNHCR) bilang, UNHCR akan berusaha untuk berubah situasi pengungsi. Kita dengar dari UNHCR mereka akan berusaha bantu pengungsi itu saja,” ucap Rehme salah satu perwakilan audiensi dengan UNHCR. 

Hal yang sama dikatakan Hussein, salah satu pencari Suaka asal Afghanistan. Ia mengungkapkan, pihak UNHCR tidak memberikan jawaban yang memuaskan tentang tuntutannya usai melakukan aksi damai dan audiensi.

Pihak UNHCR kata Hussein, menyampaikan bahwa tuntutan untuk memberangkatkan para pengungsi ke negara ketiga yang terbebas dari konflik perang, tergantung dari penerimaan hukum imigrasi negara ketiga.

“Sayangnya, kami tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. mereka mengatakan bahwa mencoba yang terbaik. janji mereka yang biasa. kemudian mereka mengatakan itu tergantung pada penerimaan hukum imigrasi negara ketiga,” papar Hussein.

Baca Juga:
Perjuangan Pencari Suaka Asal Afghanistan di Jakarta: Saya Minta Tolong ke Presiden Jokowi

Namun faktanya, Perwakilan UNHCR di Jakarta tidak pernah mencoba memproses kasus dari tahun 2018. 



#Audiensi #dengan #Perwakilan #UNHCR #Soal #Perpindahan #Negara #Ketiga #Pengungsi #Afghanistan #Tak #Dapat #Jawaban #Memuaskan

Sumber : www.suara.com

Related posts