Suhu di Lokasi Kebakaran Pabrik Kimia Cilegon Capai 200 Derajat

Pipa PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI) yang meledak di Cilegon, Banten, pada Rabu (23/2) berisi cairan yang membuat suhu di lokasi kejadian mencapai sekitar 200 derajat celcius. Semburan cairan kimia itu juga dilaporkan cukup jauh dan mematikan tumbuhan yang terkena di sekitarnya.

“Ada campuran air dengan apa gitu, yang panasnya sampai 200 derajat, kurang lebih. Semburannya juga cukup jauh,” kata Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, Kamis (24/2).

Namun Helldy membantah informasi yang beredar bahwa usai ledakan pabrik kimia itu, ada gas beracun yang menyebar.

“Harapan kami ini bisa terselesaikan, kekhawatiran masyarakat, kami memeriksa ke sini, katanya ada informasi gas beracun, kami nyatakan itu tidak ada,” terangnya.

Helldy Agustian memerintahkan PT MCCI dan seluruh perusahaan di Kota Cilegon untuk rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan, peralatan industri mereka untuk keamanan dan kenyamanan selama melakukan produksinya.

Perawatan dan pemeriksaan alat industri dinilai penting dilakukan, demi menjaga keselamatan pekerja, pelaku industri serta masyarakat sekitar di sekitar pabrik.

“Industri harus bisa melihat maintenance, overhaul, pemeliharaan. Kami berharap MCCI dengan kejadian ini bisa melakukan evaluasi, terus kemudian tentunya mengantisipasi agar hal seperti ini tidak terjadi lagi,” jelasnya.

Related posts