Avanza Terdepak dari 10 Besar, Toyota Buka Mulut

Toyota Astra Motor (TAM) buka suara merespons Avanza yang turun peringkat di Indonesia pada Januari 2022. Avanza tergeser dari 10 mobil terlaris awal tahun ini.

Direktur Marketing TAM Anton Jimmy mengatakan meski tidak masuk dalam 10 besar, penjualan Avanza bulan lalu masih sesuai ekspektasi, begitu pun dengan capaian untuk model Veloz.

“Avanza dan Veloz di Januari masih baik hasilnya,” kata Anton melalui pesan singkat, Senin (21/2).

Avanza dan Veloz yang saat ini sudah resmi dipisah pasca generasi anyar rilis pada November 2022 diketahui belum kembali ke perform semula yakni di pucuk 10 mobil terlaris setiap bulannya. Avanza yang dahulu dikenal sebagai “mobil sejuta umat” dan model terlaris Indonesia, kini posisinya tergeser keluar dari 10 besar.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dalam data wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer menyebutkan bila Capaian Avanza selama bulan kemarin hanya 3.188 unit.

Gaikindo menyebutkan bila mobil terlaris selama Januari 2022 dipegang oleh pikap Suzuki Carry dengan 5.372 unit. Kemudian posisi dua ada Mitsubishi Xpander termasuk model Cross dengan 5.282 unit dan ketiga Daihatsu Sigra sebanyak 5.130 unit.

Di urutan empat ada Toyota Veloz dengan capaian 4.777 unit, dan kelima Honda Brio termasuk model Satya sebanyak 4.489 unit.

Berikutnya atau urutan enam ada Toyota Kijang Innova dengan distribusi 3.971 unit, ketujuh Mitsubishi L300 sebanyak 3.877 unit, dan Toyota Rush penjualannya 3.752 unit.

Berlanjut ke posisi sembilan ada Daihatsu Xenia dengan 3.512 unit dan ke-10 Daihatsu Gran Max pikap sebanyak 3.362 unit.

Lebih lanjut, Anton mengatakan sudah lumrah masyarakat memilih Veloz dari Avanza. Sebab kata dia pasca peluncuran memang mayoritas masyarakat akan memilih mobil dengan versi lebih tinggi dalam hal ini Veloz.

“Di awal launch memang demand biasa di grade tertinggi. Ya kami harus lihat trennya beberapa bulan ke depan,” ungkap dia.

Related posts