Dua Wajah Jalanan ke Sirkuit Mandalika, Indah dan Gundukan Tanah

Jalan menuju pintu masuk Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dihiasi dua pemandangan yang kontras saat tes MotoGP Mandalika.

Pada Jumat (11/2) pagi itu, sekitar pukul sembilan WITA, kota Lombok baru diguyur hujan. Bandara Internasional Lombok masih lengang dan jalanan tampak basah. Matahari juga masih diselimuti awan abu-abu.

Melintasi jalan by pass dari bandara ke Sirkuit Mandalika, pemandangan terlihat asri. Beragam pohon tumbuh menjulang di sisi kanan dan kiri jalan. Tampak pula di perbukitan jagung muda sedang meranum hijau.

“Ini kebetulan masih hijau jagungnya. Kalau tidak musim tanam jagung begini, pemandangan gersang. Pohon-pohon yang ditanam juga semoga tidak mati, biar Maret nanti tumbuh dan menjadi hijau,” kata Mizan.

Setelah melewati jalan by pass sepanjang 17 kilometer tersebut, tampak tugu ‘Welcome to Mandalika’ yang ditutupi kain. Dari tugu itu untuk menuju Sirkuit Mandalika mengambil arah kanan dan jalanan mulai menyempit.

Ada proyek pelebaran jalan menuju pintu masuk Sirkuit Mandalika. Setelah berjalan sekitar 500 meter dan menanjak, pemandangan berubah. Alat berat, truk, hingga gundukan tanah menghiasi jalanan.

Sekitar 200 meter menuju pintu masuk Sirkuit Mandalika jalanan tak lagi beraspal, melainkan tanah. Kondisi jalan juga makin menyempit sehingga kendaraan yang akan lewat harus bergantian.

Belum ada penerangan lampu jalan. Lampu jalan baru terlihat setelah melewati gerbang masuk Sirkuit Mandalika yang dijaga dengan ketat oleh satpam, polisi, dan TNI.

Sejak pintu masuk, suara motor melaju dengan kecepatan tinggi terdengar. Saat itu sekitar pukul setengah 10 siang. Cuaca di langit Mandalika tampak cerah.

Namun lebih dari satu jam kemudian balapan dihentikan. Bendera merah atau red flag dikibarkan. Rupanya, lintasan balap Sirkuit Mandalika kotor. Sisa bekas hujan tadi pagi membuat lintasan agak berlumpur.

Tadi pagi sempat hujan lebat,” kata salah satu panitia yang diperbantukan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) di Media Center Indonesia MotoGP Mandalika.

Setelah ditunda selama satu jam lebih, tes hari pertama dilanjutkan. Pada saat yang sama proses pengerjaan jalanan di luar Sirkuit Mandalika tetap berlangsung.

Dilansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts