Vietnam Kalahkan China, Cetak Rekor Kualifikasi Piala Dunia

Timnas Vietnam menciptakan rekor luar biasa usai mengalahkan China 3-1 pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (1/2).

Vietnam tampil luar biasa saat menjamu China. Selalu kalah di tujuh pertandingan Grup B sebelumnya, tim besutan Park Hang Seo itu mendominasi laga melawan China.

Tuan rumah memimpin saat laga berjalan sembilan menit melalui Ho Tan Tai. Nguyen Tien Linh kemudian menggandakan keunggulan Vietnam pada menit ke-16 dan menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Di babak kedua, Phan Van Duc menciptakan gol cantik lewat tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-76. China hanya mampu mencetak gol hiburan saat injury time babak kedua melalui Xu Xin.

Lewat kemenangan atas China membuat timnas Vietnam pertama Asia Tenggara pertama yang mampu meraih kemenangan di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, yang merupakan babak terakhir untuk lolos otomatis ke Piala Dunia.

Vietnam melewati rekor Thailand, yang pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia berhasil dua kali meraih hasil imbang dari 10 laga melawan Australia dan Uni Emirat Arab.

Pelatih Vietnam Park Hang Seo mengaku senang dan lega timnya mampu mengalahkan China. Pasalnya The Golden Star Warriors sempat mendapat banyak kritikan setelah menelan tujuh kekalahan beruntun di Grup B.

“Saya tahu para pemain saya tetap bersatu usai menelan tujuh kekalahan beruntun. Ini kemenangan pertama kami, jadi ini sangat berharga, kami tim Asia Tenggara pertama yang menang. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Vietnam, fans, dan para pemain,” ucap Hang Seo dikutip dari Zing.

Vietnam akan menjalani dua laga terakhir melawan Oman (24 Maret) dan Jepang (29 Maret). Vietnam sudah dipastikan gagal lolos ke babak playoff zona Asia.

Dilansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts